Pengalaman tes di Bank Mandiri

Assalamu'alaikum wahai pejuang bank mandiri.

Sekitar bulan juli akhir gue dikasihtau kaka kalo ada lowongan menjadi frontliner di bank mandiri jakarta. Ya syarat2nya standar sih cuma tinggi badan harus 155cm keatas. Waktu itu informasi walk interview di bank mandiri cabang gambir waktu itu bisa di bilang itu tahap pertama yaitu :

1. Interview awal
Yaaa, waktu itu interview nya hari minggu jadi banknya tutup. Yang dapeng itu sekitar 100 orangan, interviewnya sih gak lama cuma ngantrinya yang lama. Dan yang ngeinterview cuma 3 orang dari banknya, 1 orang bank nya bisa ngeinterview 2 orang sekaligus, dan pas baru dateng diukur dulu berat badan dan tinggi badan . Waktu bulan juli 2017 itu berat gue masih 54 kg dan tinggi 155cm, harusnya berat gue 45kg biar ideal. Ehh ini over 9 kg. Dan gue ini bukan jurusan perbankan, ekonomi atau akuntasi gue ini jurusan guru, guru agama islam. Ya langsung aja  ini adalah pengalaman pertama gue interview ya hati gak bisa dibohongin dagdigdug jegeerrr. Bagi yang orang islam pas lagi nunggu baca sholawat dan baca doa2 ajaaa. Pasti dimudahin kok. Nah giliran gue nih dipanggil setelah nunggu antri 2jam-3jam. Gue dapet penginterview yang baikkkkk. Pas diinterview awal cuma ditanya pendidikan trus pengalaman kerja. Ya karena pas di interview gue berdua sama orang yang gak gue kenal jadi gak terlalu degdegan. Santai lah. Trus yang disebelah gue ditanyain kenapa milih bank mandiri. Terus gue denger yang di interview sebelah gue lagi ditanya kekurangan dan kelebihannya. Nahhh masa sama yang interview gue cuma nanya pendidikan dan pengalaman kerja. Selebihnya beliau yang ngomong banyak dan bilang kalo kriya mandiri itu magang. Jadi dikontrak gak bisa jadi pegawai tetap .  Nah udah selesai gue ngisi data online.. Karena komputernya cuma dikit jadi ngantrinya lama banget, solusinya kalian bawa hape, trus masukin cv, pas poto kalian di hp dan kalian gak usah nunggu komputer itu selesai kalian online pake hp sendiri ajaa. Sebelumnya bilang dulu ama karyawan banknya. Setelah isi data itu selesai deh tahap pertama ini. Dan nunggu dikabarin dari pihak banknya .


Dudududududu
Dudududududu
Dudududududu
Kok belom dipanggil panggil sih
Dudududududu
Tiap hari ngecek email.
Dudududududu
Daaaaannn pada awal oktober ada yang ngirim emai dari pihak bank.  Isininya ttg undangan mengikuti teat psikotest/shl pada 6 oktober 2017. Wadooooowww gue gak percaya ajaaa. Gue interview awal bulan juli dan baru dipanggil lagi bulan oktober, ya sekitar 2bulanan gue nunggu. Dan Sempet ngerasa ahh gak diterima sama mandiri nih. Yaudah lepasin aja. Tapi alhamdulillah banget di undang tapi tempatnya bukan digambir lagi tapi di wisma mandiri ii dideket monas itu kantor pusatnya sih. Kalo yang pertama itu kan cuma kaya banknya doang. Lanjuuuttttt

2. Tes psikotest atau shl
Ini tes online sih jadi disuruh bawa laptop. Modem dan alat tulis gitu. Yaaaa pertama2 disuruh buka email gitu buat masuk ke akun shl kita. To the point ini ada 4 tes, verbal, numerik, tes mata, dan tes kepribadian.. Ini test semua pake waktu 15menit-17menitan, kecuali test kepribadian yang bebas karena ini isinya ttg diri kita. Yaaa kembali lagi karena gue bukan dari basic keuangan atau apapun itu mengenai uang perusahaan . Jadi gue gak ngerti ttg ini.. Sebelum mulai inget berdoaaaaa. Test verbal itu kaya pernyataan. Dan kita disuruh milih pernyataan itu bener, salah, atau kurang diketahui . Yaaa pertanyaannya ttg perusahaan, uang, dan temen2nyaaa. Ya test numerik ini tes yang paling susahhh dan waktunya paling sedikit . Daaaaaaann gue ngitung  1 pun kagak ada yang ketemu. Ahahah mau mikir kaya gimana juga gue gak bisa. Ya karena gue gak pernah belajar begituuaan .. Gue belajarnya tuh ttg pelajaran agama islam,, wudhu, sholat dll. Yaa akhirnya gue ngasal SEMUAAAAA. Ngasalnya berdoa tapi. Dan test selanjutnya gue sukaaa. Ini tes apa tau tapi gue nyebutnya tes mata. Sebenernya ini kecepatan ngeliat sih jadi disebelah kiri ada beberapa angka/huruf. Dan sebelah kanan jawabannya ada 5 pilihan harus milih yang sama sama angka/huruf yang dikiri 1 soal cuma 5 detik jadi gimana gak jereng dah tuh mata. Dan soal terakhir itu kepribadian ada 50soalan . Yaaa gak usah mikir ini mah selow ajaa. Gue sempet pesimis sama tahap ke 2 ini . Yalah gue jelas2 ngasal. Gak niat bener2 pasrah..  Dan tahap ini selesai kita pulang . Nunggu email lagi dehh.

Selang beberapa hari Nahhhhh ada email tuh woooooow dari bank lagi ebusyehhh gue lolos lagi . Gilaaaa kagak percaya wooooy. Dan iniloh kekuatan doa tuh ajaib .apalagi orang tua kita ikutan doain juga gak ada yang mengalahkan.. Yaaak kita lanjut ke tahap 3 yaitu...

3. Final interview
Ini baru kemarenn testnya tanggal 16 oktober 2017 . Yaaaa lokasi masih sama di wisma mandiri 2.. Pas gue dateng dan liat orang2 ini gak banyak loh dan semua posisinya beda2. Gue frontliner ada yang back office, ada customer care, lain2 dah. Berarti ini kan gak semua nya ada di gambir pas gue interview awal . Orang2 yang gue liat interview digambir juga gak adaaa. Jadi yang ratusan orang itu pada kemanaaaa. Kok gue ngerasa beruntung banget yaaak . Yaaaa lanjut ttp yaaa final interview kita ngantri. Bedanya sama interview awal kita cuma sendiri di interview dan yang interviewnya 2 orang ... Orang2 penting di bank . Yaaaa nunggu lamaaaaaa. Ngantri juga... Sepanjang penantian buat dipanggil ttp yaaa hati gak bisa dibohongin . Degdegan paraaaahhh paraaaahh bener2 . Hahaha inget daripada diem pas ngantri mendingan sholawatan. Kata mama gue sih gituuu.. Yaaa tiba saatnya untuk dipanggil ke ruangan sebelah buat diinterview. Asaaaaahhhh santai bener ternyata brohhh. Sama kaya interview awal cuma ditanyain pendidikan dan pengalaman kerja. Pertama2 suruh ngenalin diri dulu pake bahasa indonesia kok.  Yaaa yang nginterview juga responnya sangat baik gtw deh itu baik2 menghanyutkan apa gimana ...... Yaaa udah selesai cuma 5 menit kurang kayanya . Hahahah dan gue sempet nanya sama yang interview bedanya kriya mandiri sama kriya pelaksana tuh apa. Kriya mandiri tuh magang dan gak bisa jadi pegawai ttp tapi kalo kriya pelaksanan itu dikontrak dan bisa diproses jadi pegawai ttp. Dan yang gue jalanin ini kriya pelaksana . Lohhhh kan awalnya gue kriya mandiri . Tapi alhamdulillah . Yaaaa gue masih nunggu kabar dari bank lagi . Semoga aja dikirimin sebuah email lagi dari bank . Buat tes selanjutnyaa . Yaitu :

4. Tes kesehatan dan ini adalah test terakhir
Ini belom terjadi tapi semoga aja tahap sebelumnya lolos dan bisa ketahap ini trus lolos biar bisa ttd kontrak . Mohon doanya ya teman2 .. Nanti aku sambung lagi. Terimakasih sudah membaca. Semoga kita semuanya lolos yaa. Aamiin



DAN GUE GAGAL DI FINAL INTERVIEW .. belum rejeki yaa. yang lain tetap optimis yaaa

Comments

  1. hello mba... gimana apakah sudah aktif menjadi pegawai di bank mandiri ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelum bertanya dibaca baik baik dan di pahami cerita dia gmna haha

      Delete
  2. Gimana mba apakah sukses dalam tahap medical checkup ?

    ReplyDelete
  3. pertanyaan yang diberikan pas interview final susah susah ga mbak

    ReplyDelete
  4. mba pas tes shl nya itu pake bahasa inggris apa bahasa indonesia?

    ReplyDelete
  5. kak contoh soal numerikalnya seperti apa ya kak?

    ReplyDelete
  6. serius soal shl yg numerik susah bgt,guee ampun asal nebak

    ReplyDelete
  7. Halo kak bertanha untuk soal shl ada berapa nomer ya? Dalm pengerjaanya

    ReplyDelete

Post a Comment

Jangan lupa komentar yaaa !!!

Popular posts from this blog

Perbedaan Ilmu Hadits Riwayah Dan Dirayah

Tabel Z Skor Positif dan Negatif