Pengelolaan Pembelajaran
NAMA : NISA ASRI AMALIA
NIM : 12.02.0068
FAK / SEMESTER : PAI / IV A
1. Bagaimana menata ruang kelas agar dapat menciptakan suasana yang nyaman, menyenangkan?
·
Memasangkan alat pendingin
dikelas seperti ac atau kipas angin agar siswa tidak kepanasan pada saat
belajar.
·
Memasangkan hordeng di setiap
jendela guna menghindari silau yang dapat mengganggu saat belajar.
·
Pada saat diskusi kelompok
buatlah posisi duduk murid berubah yang awalnya berjejer menjadi berhadapan.
2. Bagaimana mengatur siswa dalam kelas agar
dapat terorganisir dengan baik?
·
Guru harus mengetahui minat
belajar masing-masing siswanya. Jika beberapa anak tidak begitu menyukai
pelajaran matematika, bimbinglah anak-anak itu dan beri penjelasan tentang
pelajaran matematika.
·
Buatlah beberapa kelompok belajar
pada anak didik agar mereka lebih aktif.
·
Buatlah beberapa kuis agar si
anak terpancing untuk menjawab pertanyaannya dan berikanlah nilai kepada anak
yang menjawab.
·
Pisahkanlah kursi anak yang
sering bercanda didalam kelas.
·
Gabungkan lah anak yang pintar
dengan anak yang kurang pintar.
·
Untuk anak yang sering
mengganggu/bercanda dengan temannya pada saat belajar Berilah penjelasan kepada
anak bahwa ada waktunya untuk bermain ketika istirahat tiba.
3. Bagaimana menata tempat duduk siswa agar
siswa dapat belajar lebih efektif dan efisien?
·
Dalam belajar tempat duduk
sangatlah berpengaruh. Sebaiknya yang mempunyai porsi tubuh yang pendek, yang
terganggu pendengarannya, dan terganggu penglihatannya ditempatkan dibagian
depan sebaliknya siswa yang tinggi ditempatkan dibagian belakang.
·
Sering lah mengubah posisi/merolling
tempat duduk murid secara bergiliran tiap minggu atau perbulan.
·
Mengubah model posisi tempat
duduk : macam model posisi tempat duduk yang biasa digunakan di dalam kelas
seperti berjejer ke belakang, bentuk setengah lingkaran, berhadapan, dan
sebagainya.
4. Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa ?
·
Menjelaskan tujuan belajar ke
peserta didik.
·
Memberikan hadiah untuk siswa
yang berprestasi. Hal ini akan memacu semangat mereka untuk bisa belajar lebih
giat lagi. Di samping itu, siswa yang belum berprestasi akan termotivasi untuk
bisa mengejar siswa yang berprestasi.
·
Guru berusaha mengadakan
persaingan di antara siswanya untuk meningkatkan prestasi belajarnya, berusaha
memperbaiki hasil prestasi yang telah dicapai sebelumnya.
·
Sudah sepantasnya siswa yang
berprestasi untuk diberikan penghargaan atau pujian. Tentunya pujian yang
bersifat membangun.
·
Hukuman diberikan kepada siswa
yang berbuat kesalahan saat proses belajar mengajar. Hukuman ini diberikan
dengan harapan agar siswa tersebut mau merubah diri dan berusaha memacu
motivasi belajarnya.
·
Strateginya adalah dengan
memberikan perhatian maksimal ke peserta didik.
·
Membentuk kebiasaan belajar yang
baik
·
Membantu kesulitan belajar anak
didik secara individual maupun kelompok
·
Menggunakan metode yang
bervariasi, dan
·
Menggunakan media yang baik dan
sesuai dengan tujuan pembelajaran
5. Bagaimana menata alat-alat pelajaran dan
perlengkapan lainnya untuk menunjang keberhasilan proses belajar mengajar?
·
Meletakan lemari di samping
meja guru untuk menaruh peralatan-peralatan kelas yang dianggap penting seperti
spidol, penghapus papan tulis, taplak meja, bahkan bisa untuk menaruh sapu
sehabis pulang sekolah agar tidak cepat hilang ataupun bisa digunakan untuk
menaruh buku-buku. Setiap pulang sekolah lemari harus di kunci.
·
Menempelkan struktur kelas dan
jadwal piket juga jadwal pelajaran di depan kelas.
·
Meletakan tempat sampah di
sudut kelas guna menjaga kebersihan kelas.
·
Menyediakan ember berisi air
beserta lapnya di depan kelas guna untuk menjaga kebersihan tangan siswa
sebelum belajar.
·
Menaruh gambar presiden, wakil
presiden dan gambar burung garuda di dinding atas papan tulis.
·
Tidak lupa juga untuk menaruh
jam di dinding depan kelas untuk mengetahui waktu belajar.
6. Bagaimana mewujudkan keindahan dan kebersihan
kelas sehingga dapat memotivasi siswa dalam belajar?
·
Menyusun jadwal piket
·
Mengawasi petugas piket untuk Menyapu
kelas, mengepel lantai dan membersihkan kaca sebelum pelajaran di mulai, atau
pulang sekolah.
·
Meletakan tempat sampah disetiap
kelas dan koridor sekolah.
·
Memperindah dengan menambahkan
beberapa hiasan berupa taplak meja dan vas bunga dimeja guru atau slogan-slogan
kebersihan dan gambar-gambar pahlawan. Hal ini bertujuan agar siswa tidak jenuh
saat belajar dikelas.
·
Melarang siswa untuk mencoret
tembok kelas, bangku serta meja dengan pulpen atau spidol atau alat tulis
lainnya.
·
Membuang sampah pada tempatnya
dan menegur siswa yang buang sampah sembarangan.
7. Bagaimana membina disiplin di dalam kelas
menuju pengembangkan tingkah laku siswa yang diharapkan?
Beberapa cara yang dapat dilakukan dalam
pembinaan disiplin kelas adalah:
·
Mengadakan perencanaan bersama
antara guru dengan siswa.
·
Mencegah terjadinya
pelanggaran-pelanggaran terhadap ketentuan-ketentuan yang telah disetujui
bersama.
·
Mengembangkan kepemimpinan dan
tanggung jawab pada siswa.
·
Membina organisasi kelas secara
demokratis.
·
Membiasakan agar siswa dapat
berdiri sendiri atau mandiri dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya.
·
Membiasakan siswa untuk
berpartisipasi sesuai dengan kemampuannya.
·
Memberikan dorongan kepada siswa
untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan.
Comments
Post a Comment
Jangan lupa komentar yaaa !!!