Pengelolaan Pembelajaran



NAMA : NISA ASRI AMALIA
NIM : 12.02.0068
FAK / SEMESTER : PAI / IV A

1.       Bagaimana menata ruang kelas agar dapat menciptakan suasana yang nyaman, menyenangkan?
·         Memasangkan alat pendingin dikelas seperti ac atau kipas angin agar siswa tidak kepanasan pada saat belajar.
·         Memasangkan hordeng di setiap jendela guna menghindari silau yang dapat mengganggu saat belajar.
·         Pada saat diskusi kelompok buatlah posisi duduk murid berubah yang awalnya berjejer menjadi berhadapan.

2.       Bagaimana mengatur siswa dalam kelas agar dapat terorganisir dengan baik?

·         Guru harus mengetahui minat belajar masing-masing siswanya. Jika beberapa anak tidak begitu menyukai pelajaran matematika, bimbinglah anak-anak itu dan beri penjelasan tentang pelajaran matematika.
·         Buatlah beberapa kelompok belajar pada anak didik agar mereka lebih aktif.
·         Buatlah beberapa kuis agar si anak terpancing untuk menjawab pertanyaannya dan berikanlah nilai kepada anak yang menjawab.
·         Pisahkanlah kursi anak yang sering bercanda didalam kelas.
·         Gabungkan lah anak yang pintar dengan anak yang kurang pintar.
·         Untuk anak yang sering mengganggu/bercanda dengan temannya pada saat belajar Berilah penjelasan kepada anak bahwa ada waktunya untuk bermain ketika istirahat tiba.

3.       Bagaimana menata tempat duduk siswa agar siswa dapat belajar lebih efektif dan efisien?
·         Dalam belajar tempat duduk sangatlah berpengaruh. Sebaiknya yang mempunyai porsi tubuh yang pendek, yang terganggu pendengarannya, dan terganggu penglihatannya ditempatkan dibagian depan sebaliknya siswa yang tinggi ditempatkan dibagian belakang.
·         Sering lah mengubah posisi/merolling tempat duduk murid secara bergiliran tiap minggu atau perbulan.
·         Mengubah model posisi tempat duduk : macam model posisi tempat duduk yang biasa digunakan di dalam kelas seperti berjejer ke belakang, bentuk setengah lingkaran, berhadapan, dan sebagainya.

4.       Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa ?
·         Menjelaskan tujuan belajar ke peserta didik.
·         Memberikan hadiah untuk siswa yang berprestasi. Hal ini akan memacu semangat mereka untuk bisa belajar lebih giat lagi. Di samping itu, siswa yang belum berprestasi akan termotivasi untuk bisa mengejar siswa yang berprestasi.
·         Guru berusaha mengadakan persaingan di antara siswanya untuk meningkatkan prestasi belajarnya, berusaha memperbaiki hasil prestasi yang telah dicapai sebelumnya.
·         Sudah sepantasnya siswa yang berprestasi untuk diberikan penghargaan atau pujian. Tentunya pujian yang bersifat membangun.
·         Hukuman diberikan kepada siswa yang berbuat kesalahan saat proses belajar mengajar. Hukuman ini diberikan dengan harapan agar siswa tersebut mau merubah diri dan berusaha memacu motivasi belajarnya.
·         Strateginya adalah dengan memberikan perhatian maksimal ke peserta didik.
·         Membentuk kebiasaan belajar yang baik
·         Membantu kesulitan belajar anak didik secara individual maupun kelompok
·         Menggunakan metode yang bervariasi, dan
·         Menggunakan media yang baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran

5.       Bagaimana menata alat-alat pelajaran dan perlengkapan lainnya untuk menunjang keberhasilan proses belajar mengajar?
·         Meletakan lemari di samping meja guru untuk menaruh peralatan-peralatan kelas yang dianggap penting seperti spidol, penghapus papan tulis, taplak meja, bahkan bisa untuk menaruh sapu sehabis pulang sekolah agar tidak cepat hilang ataupun bisa digunakan untuk menaruh buku-buku. Setiap pulang sekolah lemari harus di kunci.
·         Menempelkan struktur kelas dan jadwal piket juga jadwal pelajaran di depan kelas.
·         Meletakan tempat sampah di sudut kelas guna menjaga kebersihan kelas.
·         Menyediakan ember berisi air beserta lapnya di depan kelas guna untuk menjaga kebersihan tangan siswa sebelum belajar.
·         Menaruh gambar presiden, wakil presiden dan gambar burung garuda di dinding atas papan tulis.
·         Tidak lupa juga untuk menaruh jam di dinding depan kelas untuk mengetahui waktu belajar. 

6.       Bagaimana mewujudkan keindahan dan kebersihan kelas sehingga dapat memotivasi siswa dalam belajar?
·         Menyusun jadwal piket
·         Mengawasi petugas piket untuk Menyapu kelas, mengepel lantai dan membersihkan kaca sebelum pelajaran di mulai, atau pulang sekolah.
·         Meletakan tempat sampah disetiap kelas dan koridor sekolah.
·         Memperindah dengan menambahkan beberapa hiasan berupa taplak meja dan vas bunga dimeja guru atau slogan-slogan kebersihan dan gambar-gambar pahlawan. Hal ini bertujuan agar siswa tidak jenuh saat belajar dikelas.
·         Melarang siswa untuk mencoret tembok kelas, bangku serta meja dengan pulpen atau spidol atau alat tulis lainnya.
·         Membuang sampah pada tempatnya dan menegur siswa yang buang sampah sembarangan.

7.       Bagaimana membina disiplin di dalam kelas menuju pengembangkan tingkah laku siswa yang diharapkan?
Beberapa cara yang dapat dilakukan dalam pembinaan disiplin kelas adalah:
·         Mengadakan perencanaan bersama antara guru dengan siswa.
·         Mencegah terjadinya pelanggaran-pelanggaran terhadap ketentuan-ketentuan yang telah disetujui bersama.
·         Mengembangkan kepemimpinan dan tanggung jawab pada siswa.
·         Membina organisasi kelas secara demokratis.
·         Membiasakan agar siswa dapat berdiri sendiri atau mandiri dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya.
·         Membiasakan siswa untuk berpartisipasi sesuai dengan kemampuannya.
·         Memberikan dorongan kepada siswa untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan.

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Ilmu Hadits Riwayah Dan Dirayah

Pengalaman tes di Bank Mandiri

Pidato Bahasa Inggris dan terjemahan tentang Reading is a window to the world