Shalat Jama' dan Qashar
SHOLAT JAMA’ DAN QASHAR
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Menjama’ dan mengqashar shalat termasuk rukhshah (kelonggaran/keringanan)
yang diberikan Allah SWT kepada hambanya karena adanya kondisi yang menyulitkan
bila shalat dilakukan dalam keadaan biasa. Rukhsah ini merupakan shodaqoh dari
Allah SWT yang dianjurkan untuk diterima dengan penuh ketawadhu’an.
Namun jika ada musafir yang tidak mengqashar shalatnya maka shalatnnya
tetap sah, hanya saja kurang sesuai dengan sunnah karena Nabi saw senantiasa
menjama’ dan mengqashar shalatnya saat melakukan safar. Dan yang seharusnya
selaku umat muslim harus menerima shodaqoh/keringanan
(rukhsah) yang diberikan oleh Allah kepada hambanya.
B. Rumusan Masalah
1. Apakah Yang Dimaksud Dengan
Shalat Jama’ Dan Shalat Qashar ?
2. Apakah Hal-Hal Yang Membolehkan
Mengqashar Dan Menjama’ Shalat ?
3. Bagaimanakah Jarak Safar Yang
Dibolehkan Jama’ Dan Qashar ?
4. Berapakah Lama Safar Dibolehkan
Jama’ Dan Qashar ?
5. Bagaimana Niat Shalat Qashar Dengan Jama’?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Shalat Jama’ Dan Shalat
Qashar
a. Shalat jama’
Sholat jama’ ialah melaksanakan dua shalat wajib dalam satu waktu. Seperti
melaksanakan shalat Dzuhur dan shalat Ashar di waktu Dzuhur. menjama’ shalat separti ini dinamakan Jama’
Taqdim. atau melaksanakan shalat dzuhur dan ashar di waktu Ashar dinamakan Jama’ Ta’khir. Dan
melaksanakan shalat Magrib dan shalat Isya’ bersamaan di waktu sholat Magrib atau melaksanakannya di waktu Isya’.
Jadi shalat yang boleh dijama’ adalah semua shalat Fardhu kecuali shalat
Shubuh. Shalat shubuh harus dilakukan pada waktunya, shalat subuh tidak boleh dijama’ dengan shalat Isya’ atau
shalat Dhuhur. Dan untuk menjama’ shalat harus sesuai dengan urutan waktu
sholat yang telah ditentukan oleh Allah SWT dan tidak boleh menjama’ sholat
dengan membalikkan waktu sholat yang telah ditentukan oleh Allah SWT, dan pada
saat menjama’ dua sholat, maka cukup dengan mengumandangkan iqamat di
antara dua sholat yang dijama’.
·
Jamak itu ada 2 cara yakni:
1. Jamak Taqdim
Jamak Taqdim yaitu menjamak shalat diwaktu sholat yang pertama. Contohnya
menjamak sholat zuhur dan asar diwaktu zuhur dan menjamak sholat maghrib dan
isya’ diwaktu maghrib. Dalam hal ini jumhur berpendapat[22] bahwa
disyaratkannya untuk beriringan antar dua sholat tadi tanpa ada pemisah. Syeikh
islam Ibnu Taimiyah tidak sependapat dengan pendapat ini, dia berkata, “Tidak
disyariatkan yang demikian.Dan ini adalah satu Riwayat dari imam Ahmad dan satu
pendapat di kalangan madzhab syafi’i. dan inilah pendapat yang paling mengarah.
Tata caranya yaitu:
a. Sholat diwaktu yang pertama.(dhuhur sebelum
asar atau maghrib sebelum isya’)
b. Berniat jama’ taqdim pada sholat pertama
agar berbeda dari sholat-solat biasa.
c. Berturut-turut dalam mengerjakan diantara
keduanya sehingga antara keduanya tidak berselang lama, yakni lebih kurang
selama dua rakaat ringan tetapi diantara kedua sholat itu diperbolehkan
bersuci, adzan dan iqomah. Ketentuan ini berlaku bagi jamak taqdim, sedangkan
untuk jamak ta’khir tidak berlaku
d. Kedua sholat dilakukan secara tertib, yakni
dimulai dengan sholat pertama terlebih dahulu (zuhur ato maghrib)
2. Jamak Ta’khir
Jamak Ta’khir yaitu menjamak shalat di waktu shalat yang kedua. Contohnya:
menjamak sholat zuhur dan asar diwaktu asar dan menjamak sholat maghrib dan isya’
diwaktu isya’. [25]Apabila kedua shalat yang dijamak dilakukan di waktu shalat
yang kedua (jamak ta’khir) , maka tidak di syari’at kan beriringan antara dua
sholat yang digabung itu, bahkan diperbolehkan untuk memisah keduanya. Misalkan
shalat dhuhur di awal waktu ashar dan shalat ashar di akhirkan sampai habis
waktunya. Ini pendapat Jumhur selain madzhab Hanbali. Tata caranya yaitu :
a. Sholat dilakukan diwaktu yang kedua (asar
atau isya’)
b. Berniat sejak waktu yang pertama bahwa ia
akan melakukan sholat pertama itu diwaktu yang kedua, supaya ada maksud yang
keras untuk mengerjakan shalat yang pertama dan tidak ditinggalkan begitu saja.
c. Sholat yang dilakukan terlebih dahulu
adalah sholat asar atau isya’ terlebih dahulu, baru kemudian sholat dhuhur atau
maghrib dan bias juga dilakukan sholat dhuhur atau maghrib terlebih dahulu,
baru kemudian sholat asar atau isya’.
b. Shalat Qashar
shalat Qashar adalah meringkas
shalat yang empat rakaat menjadi dua rakaat. Seperti shalat Dhuhur, Ashar dan
Isya’. Sedangkan shalat Magrib dan shalat Shubuh tidak bisa diqashar.
Dasar-dasar hukum
seseorang boleh mengqashar sholat adalah sebagai berikut :
1- Firman Allah swt :
وَإِذَا
ضَرَبْتُمْ فِي الأَرْضِ فَلَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَن تَقْصُرُواْ مِنَ
الصَّلاَةِ إِنْ خِفْتُمْ أَن يَفْتِنَكُمُ الَّذِينَ كَفَرُواْ إِنَّ
الْكَافِرِينَ كَانُواْ لَكُمْ عَدُوًّا مُّبِينًا
“ Dan apabila kamu
bepergian di muka bumi, Maka tidaklah mengapa kamu men-qashar sembahyang(mu),
jika kamu takut diserang orang-orang kafir. Sesungguhnya orang-orang kafir itu
adalah musuh yang nyata bagimu.” ( Qs An Nisa : 101 )
2-
Hadist Abdullah bin Umar r.a bahwasanya ia berkata :
صحبت رسول
الله - صلى الله عليه وسلم - فكان لا يزيد فى السفر على ركعتينوأبا بكر وعمر
وعثمان كذلك - رضى الله عنهم .
“ Aku pernah menemani
Rosulullah saw dalam perjalanannya dan beliau tidak pernah mengerjakan shalat
lebih dari dua reka’at. Demikian juga yang dilakukan oleh Abu Bakar, Umar dan
Ustman r.a . “ ( HR Bukhari dan
Muslim )
B. Hal-Hal Yang
Membolehkan jama’ Dan qashar
a. Safar (Bepergian)
Bagi orang yang sedang atau akan bepergian, baik masih di rumah (tempat
tinggal) atau dalam perjalanan, dan atau sudah sampai di tujuan, dibolehkan
menjama’ shalat, baik dilakukan secara jama’ taqdim maupun jama’ ta’khir sama saja,
dan selama berada ditempat yang dituju tetap boleh menjama’ shalat dengan
syarat tidak berniat untuk menetap di tempat itu. Seperti yang dilakukan oleh
Rasul SAW.
كَانَ
رَسُولُ اللَّهِ يَجْمَعُ بَيْنَ صَلَاةِ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ إِذَا كَانَ عَلَى
ظَهْرِ سَيْرٍ وَيَجْمَعُ بَيْنَ الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ
”Rasulullah menjamak antara shalat Dhuhur dan Ashar bilamana beliau berada
di tengah perjalanan dan menjamak antara Maghrib dan Isya’.(HR. Bukhari)
b. Hujan
Jika seseorang berada di suatu masjid atau mushalla, tiba-tiba turun hujan
sangat lebat, maka dibolehkan menjama’ shalat maghrib dengan ‘isya’, dzuhur dan
‘ashar,
النبي صلى الله عليه وسلم جمع بين المغرب والعشاء في ليلة مطيرة
“Nabi saw pernah menjama’ antara sholat maghrib dan isya pada suatu malam
yang diguyur hujan lebat.” (HR. Bukhari)
c. Sakit
Sakit merupakan cobaan dan ujian bagi manusia, dan apabila seseorang sabar
dalam menghadapi cobaan dan ujian sakit ini, dan tetap menjalankan perintah
Allah dan Rasul-Nya, khususnya perintah shalat, maka akan mengurangi
dosa-dosanya, sekalipun shalat itu dikerjakan dengan cara dijama’
فإن قويت على
أن تؤخّري الظّهر وتعجّلي العصر ثمّ ثغتسلين حين تطهرين وتصلّين الظهر والعصر
جميعًاً ثمّ تؤخرين المغرب وتعجّلين العشاء ثمّ تغتسلين وتجمعين بين الصلاتين
فافعلي
“ Jika engkau mampu mengakhirkan shalat dzuhur dan menyegerakan shalat
ashar, kemudian engkau mandi setelah bersuci, dan engkau menggabungkan shalat
dzuhur dan shalat ashar, kemudian engkau mengakhirkan shalat maghrib dan
menyegerakan shalat isya, kemudian engkau mandi dan menggabungkan diantara dua
shalat, maka lakukanlah“
d. Takut
Takut dalam masalah ini bukan takut seperti yang biasa dialami oleh setiap
orang, akan tetapi yang dimaksud takut disini yaitu takut secara bathin.
عَنْ يَعْلَى
بْنِ أُمَيَّةَ قَالَ قُلْتُ لِعُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ لَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ
أَنْ تَقْصُرُوا مِنْ الصَّلاَةِ إِنْ خِفْتُمْ أَنْ يَفْتِنَكُمْ الَّذِينَ
كَفَرُوا فَقَدْ أَمِنَ النَّاسُ فَقَالَ عَجِبْتُ مِمَّا عَجِبْتَ مِنْهُ فَسَأَلْتُ
رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ ذَلِكَ فَقَالَ صَدَقَةٌ
تَصَدَّقَ اللهُ بِهَا عَلَيْكُمْ فَاقْبَلُوا صَدَقَتَهُ. رواه مسلم
“Diriwayatkan dari Ya’la Ibn Umayyah, ia berkata: Saya bertanya kepada
‘Umar Ibnul Khaththab tentang (firman Allah): "Laisa
‘alaikum junaahun an taqshuru minashalah in khiftum an yaftinakumu-lladzina
kafaru". Padahal
sesungguhnya orang-orang dalam keadaan aman. Kemudian Umar berkata: Saya juga
heran sebagaimana anda heran terhadap hal itu. Kemudian saya menanyakan hal itu
kepada Rasulullah saw. Beliau bersabda: Itu adalah pemberian Allah yang
diberikan kepada kamu sekalian, maka terimalah pemberian-Nya.”(HR. Muslim)
e. Keperluan
(kepentingan) Mendesak
Dalam banyak kejadian di masyarakat, kadang kalanya karena sibuk dengan
beberapa keperluan, kepentingan, mereka melupakan shalat yang telah menjadi
kewajiban bagi setiap muslim beriman. Maka boleh menjama’ shalat bagi orang
yang tidak dalam safar, jika ada kepentingan yang mendesak, asal hal itu tidak
dijadikan kebiasaan dalam hidupnya.
عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ صَلَّى
رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الظُّهْرَ وَالْعَصْرَ جَمِيعًا
بِالْمَدِينَةِ فِي غَيْرِ خَوْفٍ وَلاَ سَفَرٍ قَالَ أَبُو الزُّبَيْرِ
فَسَأَلْتُ سَعِيدًا لِمَ فَعَلَ ذَلِكَ فَقَالَ سَأَلْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ كَمَا
سَأَلْتَنِي فَقَالَ أَرَادَ أَنْ لاَ يُحْرِجَ أَحَدًا مِنْ أُمَّتِهِ.
“Diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata: Rasulullah saw shalat dhuhur
dan ‘ashar di Madinah secara jama‘, bukan karena takut dan juga bukan dalam perjalanan.
Berkata Abu Zubair: saya bertanya kepada Sa’id; Mengapa beliau berbuat
demikian? Kemudian ia berkata; Saya bertanya kepada Ibnu’ Abbas sebagaimana
engkau bertanya kepadaku: Kemudian Ibnu ‘Abbas berkata: Beliau menghendaki agar
tidak mernyulitkan seorangpun dari umatnya.(HR. Bukhari – Muslim)
C. Jarak Safar Yang
Dibolehkan Jama’ Dan Qashar
Adapun jarak perjalanan
(safar) yang dibolehkan untuk menjama’ dan mengqashar ternyata ulama
berbeda pendapat. Ada ulama yang berpendapat jarak minimal 1 farsakh atau
tiga mil, ada yang minimal 3 farsakh, ada yang berpendapat safar minimal
harus sehari-semalam, bahkan ada yang berpendapat tidak ada jarak dan waktu
yang pasti karena sangat tergantung pada kondisi fisik, psikis serta keadaan
sosiologis dan lingkungan masyarakat. Jika memang perjalanan tersebut berat dan
menyulitkan maka ada keringanan dan kelonggran (rukhsah) berupa shalat
jama’ dan qashar. Sebab maksud pemberian rukhsah adalah untuk
mehilangkan beban dan kesulitan.
Adapun dibawah ini pendapat mengenai Jarak Safar Yang Dibolehkan Jama’ Dan
Qashar
·
Ada riwayat yang mengatakan dari shahabat Anas bin Malik, bahwa Rasulullah
Saw mengqashar shalat dalam perjalanan yang berukuran 3 mil atau 3 farsakh.
عَنْ
شُعْبَةَ عَنْ يَحْيَى بْنِ يَزِيْدِ اْلهَنَائِيّ قَالَ: سَأَلْتُ اَنَسًا عَنْ
قَصْرِ الصَّلاَةِ فَقَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا خَرَجَ مَسِيْرَةَ
ثَلاَثَةِ اَمْيَالٍ اَوْ ثَلاَثَةِ فَرَاسِخَ صَلَّى َكْعَتَيْنِ
“Dari Syu’bah dari Yahya bin Yazid Al-Hanaiy, ia berkata : Aku pernah
bertanya kepada Anas tentang mengqashar shalat, lalu ia menjawab, “Adalah
Rasulullah SAW apabila bepergian sejauh tiga mil atau tiga farsakh, maka beliau
shalat dua reka’at”. (Syu’bah ragu, tiga mil atau tiga farsakh” (HR. Muslim, Ahmad, Abu Dawud dan Baihaqi)
كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
إِذَا سَافَرَ فَرَاسَخًا يُقَصِّرُ الصَّلاَة
“Adapun Rasulullah SAW bila bepergian sejauh satu farsakh, maka beliau
mengqashar Shalat”(HR. Sa’id bin Manshur.
Dan disebutkan oleh Hafidz dalam at-Talkhish, ia mendiamkan adanya hadits ini,
sebagai tanda mengakuinya)
·
Dari Ibnu Abbas berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Wahai penduduk Mekkah
janganlah kalian mengqashar salat kurang dari 4 burd dari Mekah ke Asfaan.” (HR
at-Tabrani, ad-Daruqutni, hadits mauquf)
·
Dari Ibnu Syaibah dari arah yang lain berkata: “Qashar salat dalam jarak
perjalanan sehari semalam.”
·
Ibnu Umar ra dan Ibnu Abbas ra mengqashar salat dan buka puasa pada
perjalanan menempuh jarak 4 burd yaitu 16 farsakh.
Ibnu Abbas menjelaskan jarak minimal dibolehkannya qashar salat yaitu 4
burd atau 16 farsakh. 1 farsakh = 5541 meter sehingga 16 Farsakh = 88,656 km.
Dan begitulah yang dilaksanakan sahabat seperti Ibnu Abbas dan Ibnu Umar.
Sedangkan hadits Ibnu Syaibah menunjukkan bahwa qashar salat adalah perjalanan
sehari semalam. Dan ini adalah perjalanan kaki normal atau perjalanan unta
normal. Dan setelah diukur ternyata jaraknya adalah sekitar 4 burd atau 16
farsakh atau 88,656 km. Dan pendapat inilah yang diyakini mayoritas ulama
seperti imam Malik, imam asy-Syafi’i dan imam Ahmad serta pengikut ketiga imam
tadi.
D. Lama Safar Yang
Dibolehkan Jama’ Dan Qashar
Para ulama juga berbeda
pendapat berapa lama perjalanan yang membolehkan musafir melaksanakan sholat
jama’ dan qashar.
Imam Malik, As-Syafi’i
dan Ahmad berpendapat bahwa maksimal 3 hari bagi muhajirin yang akan mukim
(tinggal) di tempat tersebut. Sementara ada juga yang berpendapat maksimal 4
hari, 10 hari (Muttafaq ‘alayh, dari Anas bin Maliik), 12 hari (H.R. Ahmad,
dari ‘imran), 15 hari (pendapat Abu Hanifah), 17 hari, dan 19 hari (muttafaq
‘alayh, dari Ibn ‘Abbas).
Jika diperlihatkan
secara seksama pada hadis-hadis dari para sahabat di atas, umumnya mereka menceritakan
sholat safar sesuai dengan keadaan dan perspektif mereka masing-masing. Inilah
yang kemudian dipahami oleh para Imam Madzhab sehingga mereka berbeda pendapat
dalam batasan jarak dan waktu kebolehan shalat jama’ dan qashar. Dari pendapat
yang ada, yang lebih kuat adalah pendapat yang menyatakan bahwa selama
berstatus sebagai musafir biasa (bukan musafir perang) dan tidak tinggal lebih
dari 19 hari di satu tempat tersebut, maka masih diberikan keringanan untuk
menjama’-qashar shalatnya. tetapi Kalau musafir perang, maka boleh
menjama’-qashar shalatnya selama masih dalam suasana perang. Sedangkan bagi
musafir dengan tujuan maksiat, maka senagian besar ulama berpendapat tidak ada
keringanan qashar kepadanya.
E. Niat Shalat qashar dengan jama’
1.
Niat Shalat Dhuhur Jamak Takdim dengan Shalat Ashar
اُصَلِّى
فَرْضَ الظُّهْرِ رَكْعَتَيْنِ قَصْرًا مَجْمُوْعًا اِلَيْهِ العَصْرٌ مَأْمُوْمًا
\ اِمَامًا لِلهِ تَعَالَى
Niat Shalat Ashar Jamak Takdim dengan Shalat Dhuhur
اُصَلِّى فَرْضَ العَصْرِ رَكْعَتَيْنِ قَصْرًا مَجْمُوْعًا اِلَى
الظُّهْرِ مَأْمُوْمًا \ اِمَامًا لِلهِ تَعَالَى
2.
Niat Shalat Dhuhur Jamak Takhir dengan Shalat Ashar
اُصَلِّى فَرْضَ الظُّهْرِ رَكْعَتَيْنِ قَصْرًا مَجْمُوْعًا اِلَى
العَصْرِ مَأْمُوْمًا \ اِمَامًا لِلهِ تَعَالَى
Niat Shalat Ashar Jamak Takhir dengan Shalat Dhuhur
اُصَلِّى
فَرْضَ العَصْرِ رَكْعَتَيْنِ قَصْرًا مَجْمُوْعًا اِلَيْهِ الظُّهْرُ مَأْمُوْمًا
\ اِمَامًا لِلهِ تَعَالَى
3.
Niat Shalat Maghrib Jamak Taqdim dengan sholat isya
اُصَلِّى
فَرْضَ اْلمَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ مَجْمُوْعًا اِلَيْهِ اْلعِشَاءُ
مَأْمُوْمًا\ اِمَامٌا لِلّهِ تَعَالَى
Niat Shalat Isya Jamak Taqdim dengan Shalat Maghrib
اُصَلِّى
فَرْضَ اْلعِشَاءِ رَكْعَتَيْنِ قَصْرًا مَجْمُوْعًا اِلَى اْلمَغْرِبِ
مَأْمُوْمًا \ اِمَامٌا لِلّهِ تَعَالَى
4.
Niat Shalat Maghrib Jamak Takhir dengan sholat isya
اُصَلِّى
فَرْضَ اْلمَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ مَجْمُوْعًا اِلَى اْلعِشَاءِ مَأْمُوْمًا \
اِمَامٌا لِلّهِ تَعَالَى
Niat Shalat Isya Jamak Takhir dengan Shalat Maghrib
اُصَلِّى
فَرْضَ اْلعِشَاءِ رَكْعَتَيْنِ قَصْرًا مَجْمُوْعًا اِلَيْهِ اْلمَغْرِبُ
مَأْمُوْمًا \ اِمَامٌا لِلّهِ تَعَالَى
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari paparan di atas
kami dari kelompok 1 mengambil kesimpulan :
1. Shalat jama’ dan qashar adalah keringanan (rukhsah)
yang diberikan Allah kepada hambanya, yang harus diterima oleh umat muslim
sebagai shodaqah dari Allah SWT. Shalat yang dapat di jama’ adalah semua shalat
fardhu kecuali sholat subuh. Dan shalat yang dapat di qashar adalah semua
shalat fardhu yang empat rakaat yaitu shalat isya’, dhuhur dan ashar.
2. Hal-hal yang membolehkan jama’ dan qashar
ada beberapa hal, yaitu : Safar
(Bepergian), Hujan, Sakit,
Takut, Keperluan (kepentingan) Mendesak.
3. Dalam persoalan jarak safar, para ulama’
berbeda pendapat. Ada ulama yang berpendapat jarak minimal 1 farsakh atau
tiga mil, ada yang minimal 3 farsakh, ada yang berpendapat safar minimal
harus sehari-semalam, bahkan ada yang berpendapat tidak ada jarak dan waktu
yang pasti karena sangat tergantung pada kondisi fisik, psikis serta keadaan
sosiologis dan lingkungan masyarakat.
4. Lama safar yang dibolehkan jama’ dan qashar
para ulama’ berbeda pendapat. Tetapi dalil yang paling kuat adalah 19 hari
(bukan dalam keadaan perang) berdasarkan hadits muttafaq ‘alayh, dari Ibnu
Abbas.
B. Saran
Penulis banyak
berharap para pembaca dapat memberikan kritik dan saran yang membangun kepada
penulis demi sempurnanya makalah ini dan untuk penulisan makalah di
kesempatan-kesempatan berikutnya.
DAFTAR PUSTAKA
Al-Badar. Cara, Niat Serta Syarat Shalat Jamak dan Qashar. Diakses
pada 1 November 2015 di http://al-badar.net/shalat-jamak-dan-qashar/
Amalia, Nisa asri f. Niat Shalat qashar dengan jama’. Diakses pada 1 November 2015 di http://nisalah20.blogspot.co.id/2015/11/niat-shalat-qashar-dengan-jama.html
Idris,Bani. Makalah
Sholat Jama Dan Qoshor. Diakses pada 1 November 2015 dihttp://baniebanie.blogspot.co.id/2013/04/normal-0-false-false-false-in-x-none-ar.html
Moh.Rifai,Drs. Risalah Tuntunan Sholat Lengkap. 2013. PT. Karya toha
putra : Semarang.
Muhfadlihdahlan. Makalah Sholat Jama' Dan Qashar. Diakses pada 1 November 2015 di http://muhfadlihdahlan.blogspot.co.id/2014/02/makalah-sholat-jama-dan-qashar.html
Wikipedia. salat qashar. Diakses pada 4 November 2015 di https://id.wikipedia.org/wiki/Salat_Qashar
Comments
Post a Comment
Jangan lupa komentar yaaa !!!