Sejarah Peradaban Islam



1. Masuknya ajaran Islam ke Indonesia dengan mudah. Jelaskan apa saja penyebabnya?
Jawab :
a.    Ajarannya sederhana, mudah dimengerti dan diterima.
b.    Syarat untuk masuk Islam sangatm mudah, yaitu hanya dengan mengucapkan kalimat syahadat.
c.    Agama Islam tidak mengenal kasta, sehingga semua orang boleh untuk memeluk agam Islam.
d.    Upacara-upacara keagamaan bersifat sederhana.
e.    Islam disebarkan secara damai lewat pendekatan budaya.
f.     Jatuhnya Kerajaan Majapahit dan Sriwijaya menyebarkan KerajaanIslam berkembang pesat.
g.    Islam tidak menentang adat dan tradisi setempat.

2. Ada tahapan-tahapan dalam islamisasi Indonesia. Tolong jelaskan beberapa tahapan dan beri keterangan pada tiap tahapannya !


Jawab :
a.    Tahapan pertama,abad 7 masehi (abad 1 hijriah).
Pada abad 7 masehi,Islam sudah sampai ke Nusantara. Para Dai yang datang ke Indonesia berasal dari jazirah Arab yang sudah beradaptasi dengan bangsa India yakni bangsa Gujarat dan ada juga yang telah beradaptasi dengan bangsa Cina,dari berbagai arah yakni dari jalur sutera (jalur perdagangan) dakwah mulai merambah di pesisir-pesisir Nusantara.
b.    Tahapan kedua,abad 13 masehi.
Di abad 13 Masehi berdirilah kerajaan-kerajaan Islam diberbagai penjuru di Nusantara. Yang merupakan moment kebangkitan kekuatan politik umat khususnya didaerah Jawa ketika kerajaan Majapahit berangsur-angsur turun kewibawaannya karena konflik internal.
c.    Tahapan ketiga,masa penjajahan Belanda.
Pada abad 17 masehi tepatnya tahun 1601 datanglah kerajaan Hindia Belanda kedaerah Nusantara yang awalnya hanya berdagang tetapi akhirnya menjajah.
d.    Tahapan keempat,abad 20 masehi
Awal abad 20 masehi,penjajah Belanda mulai melakukan politik etik atau politik balas budi yang sebenarnya adalah hanya membuat lapisan masyarakat yang dapat membantu mereka dalam pemerintahannya di Indonesia.
e.    Tahapan KeLima,Abad 20 dan 21.
Pada Tahapan ini proses dakwah (Islamisasi) di Indonesia mempunyai ciri terjadinya globalisasi informasi dengan pengaruh-pengaruh gerakan Islam internasional secara efektif yang akan membangun kekuatan Islam lebih utuh yang meliputi segala dimensinya.

3. Tokoh islamisasi yang punya peranan penting dalam pengembangan ajaran islam !
Jawab :
Hamzah Fansuri
Hamzah Fansuri hidup pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda sekitar tahun 1590 M. Pembaharuan intelektualnya tidak hanya di Fansur, Aceh juga ke India, Persia, Makkah dan Madinah.
Selesai pengembaraan intelektual Hamzah Fansuri kembali ke kampung halamannya di Fansur, Aceh untuk mengajarkan keilmuan yang diperolehnya dari guru-guru yang didatanginya di negeri-negeri yang disinggahi. Ia mengajarkan keilmun Islam di Dayah (pesantren) di Oboh Simpangkanan, Singkel.
Dalam bidang keilmuan tafsir, Hamzah Fansuri telah mempelopori penggunaan metode takwil. Hal ini dapat dilihat dalam karyanya Asrarul Arifin, yang banyak mengutip ayat al-qur’an kemudian menganalisanya dengan sangat tajam.

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Ilmu Hadits Riwayah Dan Dirayah

Pengalaman tes di Bank Mandiri

Tabel Z Skor Positif dan Negatif