Angket dan Instrumen Kebiasaan Membaca
Angket Kebiasaan Membaca
Nama : ...............................
Kelas : ................................
Petunjuk
1. Tulislah nama, dan kelas anda!
2. Tujuan diadakan
angket ini adalah untuk mengetahui tingkat kebiasaan membaca dari setiap
responden.
3. Pilihlah jawaban yang sesuai dengan keadaan
anda dengan cara memberikan tanda cek (√) pada kolom.
SL =
Selalu
SR =
Sering
KK =
Kadang-kadang
TP =
Tidak Pernah
4.
Setelah selesai mengerjakan angket ini, serahkanlah kepada pengawas
Kisi-kisi Instrumen Kebiasaan
Membaca
No.
|
Indikator
|
Nomer Pernyataan
|
Jumlah Pernyataan
|
1.
|
Frekuensi Membaca
|
1, 2, 4, 10, 12, 13, 25, 30.
|
8
|
2.
|
Jenis buku bacaan
|
3, 8, 9, 14,18, 20, 22, 23, 27.
|
9
|
3.
|
Jumlah buku yang dibaca
|
5, 16, 17, 21, 28.
|
5
|
4.
|
Keseringan mengunjungi perpustakaan
|
6, 7, 11, 15, 19, 24, 26. 29.
|
8
|
Total
|
30
|
Instrumen
Kebiasaan Membaca
No
|
Pernyataan
|
SL
|
SR
|
KK
|
TP
|
1
|
Saya membaca buku fiqih minimal 1 jam
perhari.
|
4
|
3
|
2
|
1
|
2
|
Saya membaca kembali materi yang
diajarkan oleh guru sepulang sekolah.
|
4
|
3
|
2
|
1
|
3
|
Selain membaca buku pelajaran tentang fiqih
saya juga membaca bacaan populer seperti surat kabar, novel, majalah, atau
bacaan lainnya di setiap harinya.
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
Saya membaca buku pelajaran tentang fiqih muamalah setiap hari.
|
4
|
3
|
2
|
1
|
5
|
Dalam satu minggu, saya membaca minimal
satu buku diluar buku pelajaran fiqih.
|
4
|
3
|
2
|
1
|
6
|
Saya dan teman-teman membaca buku
bacaan di perpustakaan.
|
4
|
3
|
2
|
1
|
7
|
Saya mengunjungi perpustakan saat
sedang ada tugas.
|
4
|
3
|
2
|
1
|
8
|
Apabila membaca buku pedoman ibadah,
saya membaca seluruh isinya.
|
4
|
3
|
2
|
1
|
9
|
Saya senang jika ada tugas membaca doa-doa.
|
4
|
3
|
2
|
1
|
10
|
Saya dapat memusatkan perhatian cukup
lama saat membaca.
|
4
|
3
|
2
|
1
|
11
|
Buku fiqih yang terdapat di
perpustakaan membantu menambah pengetahuan ibadah saya.
|
4
|
3
|
2
|
1
|
12
|
Apabila meminjam buku, saya meluangkan
waktu untuk membacanya.
|
4
|
3
|
2
|
1
|
13
|
Saya senang membaca sebelum tidur.
|
4
|
3
|
2
|
1
|
14
|
Jika saya senggang, saya menyempatkan
waktu untuk membaca buku fiqih.
|
4
|
3
|
2
|
1
|
15
|
Saya meminjam dan membaca buku tentang
ibadah di perpustakaan keliling.
|
4
|
3
|
2
|
1
|
16
|
Saat di perpustakaan, saya membaca
minimal 3 buku bacaan fiqih tentang ibadah dan muamalah.
|
4
|
3
|
2
|
1
|
17
|
Dalam mata pelajaran fiqih, saya
mencari lebih dari satu buku referensi.
|
4
|
3
|
2
|
1
|
18
|
Saya akan mudah memahami materi,
apabila di dalam buku fiqih terdapat gambar.
|
4
|
3
|
2
|
1
|
19
|
Apabila saya kekurangan referensi buku,
saya mengunjungi perpustakaan.
|
4
|
3
|
2
|
1
|
20
|
Saat saya membaca buku pedoman sholat,
saya akan lebih mudah mempraktekannya.
|
4
|
3
|
2
|
1
|
21
|
Saya membaca minimal 3 buku pengetahuan saat menjelang ujian.
|
4
|
3
|
2
|
1
|
22
|
Untuk
mengetahui ketentuan-ketentuan hukum islam saya membaca buku pelajaran fiqih.
|
4
|
3
|
2
|
1
|
23
|
Untuk mengetahui tata cara menjalankan
hubungan manusia dengan sesama saya membaca buku tentang fiqih muamalah.
|
4
|
3
|
2
|
1
|
24
|
Saat mengunjungi perpustakaan sekolah,
saya tidak lupa untuk meminjam buku bacaan.
|
4
|
3
|
2
|
1
|
25
|
Saya mengulang kalimat, atau paragraf
yang saya baca.
|
4
|
3
|
2
|
1
|
26
|
Apabila di perpustakan sekolah tidak
berisik, saya merasa nyaman untuk membaca.
|
4
|
3
|
2
|
1
|
27
|
Selain buku pelajaran fiqih, saya
membaca buku pengetahuan lain yang menunjang materi pelajaran.
|
4
|
3
|
2
|
1
|
28
|
Dalam sehari, saya berusaha membaca
satu artikel tentang ibadah.
|
4
|
3
|
2
|
1
|
29
|
Apabila di perpustakaan sekolah
terdapat buku baru, saya segera membacanya.
|
4
|
3
|
2
|
1
|
30
|
Saya dapat membaca dalam waktu yang
relatif singkat.
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Comments
Post a Comment
Jangan lupa komentar yaaa !!!