Angket dan Instrumen Kebiasaan Membaca



Angket Kebiasaan Membaca
Nama : ...............................
Kelas : ................................
Petunjuk
1.    Tulislah nama, dan kelas anda!
2.    Tujuan diadakan angket ini adalah untuk mengetahui tingkat kebiasaan membaca dari setiap responden.
3.    Pilihlah jawaban yang sesuai dengan keadaan anda dengan cara memberikan tanda cek (√) pada kolom.
SL       = Selalu
SR      = Sering
KK      = Kadang-kadang
TP      = Tidak Pernah
4.      Setelah selesai mengerjakan angket ini, serahkanlah kepada pengawas

Kisi-kisi Instrumen Kebiasaan Membaca
No.
Indikator
Nomer Pernyataan
Jumlah Pernyataan
1.
Frekuensi Membaca
1, 2, 4, 10, 12, 13, 25, 30.
8
2.
Jenis buku bacaan
3, 8, 9, 14,18, 20, 22, 23, 27.
9
3.
Jumlah buku yang dibaca
5, 16, 17, 21, 28.
5
4.
Keseringan mengunjungi perpustakaan
6, 7, 11, 15, 19, 24, 26. 29.
8
 Total
30


Instrumen Kebiasaan Membaca
No
Pernyataan
SL
SR
KK
TP
1
Saya membaca buku fiqih minimal 1 jam perhari.
4
3
2
1
2
Saya membaca kembali materi yang diajarkan oleh guru sepulang sekolah.
4
3
2
1
3
Selain membaca buku pelajaran tentang fiqih saya juga membaca bacaan populer seperti surat kabar, novel, majalah, atau bacaan lainnya di setiap harinya.
4
3
2
1
4
Saya membaca buku pelajaran tentang fiqih muamalah setiap hari.
4
3
2
1
5
Dalam satu minggu, saya membaca minimal satu buku diluar buku pelajaran fiqih.
4
3
2
1
6
Saya dan teman-teman membaca buku bacaan di perpustakaan.
4
3
2
1
7
Saya mengunjungi perpustakan saat sedang ada tugas.
4
3
2
1
8
Apabila membaca buku pedoman ibadah, saya membaca seluruh isinya.
4
3
2
1
9
Saya senang jika ada tugas membaca doa-doa.
4
3
2
1
10
Saya dapat memusatkan perhatian cukup lama saat membaca.
4
3
2
1
11
Buku fiqih yang terdapat di perpustakaan membantu menambah pengetahuan ibadah saya.
4
3
2
1
12
Apabila meminjam buku, saya meluangkan waktu untuk membacanya.
4
3
2
1
13
Saya senang membaca sebelum tidur.
4
3
2
1
14
Jika saya senggang, saya menyempatkan waktu untuk membaca buku fiqih.
4
3
2
1
15
Saya meminjam dan membaca buku tentang ibadah di perpustakaan keliling.
4
3
2
1
16
Saat di perpustakaan, saya membaca minimal 3 buku bacaan fiqih tentang ibadah dan muamalah.
4
3
2
1
17
Dalam mata pelajaran fiqih, saya mencari lebih dari satu buku referensi.
4
3
2
1
18
Saya akan mudah memahami materi, apabila di dalam buku fiqih terdapat gambar.
4
3
2
1
19
Apabila saya kekurangan referensi buku, saya mengunjungi perpustakaan.
4
3
2
1
20
Saat saya membaca buku pedoman sholat, saya akan lebih mudah mempraktekannya.
4
3
2
1
21
Saya membaca minimal  3 buku pengetahuan saat menjelang ujian.
4
3
2
1
22
Untuk mengetahui ketentuan-ketentuan hukum islam saya membaca buku pelajaran fiqih.
4
3
2
1
23
Untuk mengetahui tata cara menjalankan hubungan manusia dengan sesama saya membaca buku tentang fiqih muamalah.
4
3
2
1
24
Saat mengunjungi perpustakaan sekolah, saya tidak lupa untuk meminjam buku bacaan.
4
3
2
1
25
Saya mengulang kalimat, atau paragraf yang saya baca.
4
3
2
1
26
Apabila di perpustakan sekolah tidak berisik, saya merasa nyaman untuk membaca.
4
3
2
1
27
Selain buku pelajaran fiqih, saya membaca buku pengetahuan lain yang menunjang materi pelajaran.
4
3
2
1
28
Dalam sehari, saya berusaha membaca satu artikel tentang ibadah.
4
3
2
1
29
Apabila di perpustakaan sekolah terdapat buku baru, saya segera membacanya.
4
3
2
1
30
Saya dapat membaca dalam waktu yang relatif singkat.
4
3
2
1

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Ilmu Hadits Riwayah Dan Dirayah

Pengalaman tes di Bank Mandiri

Pidato Bahasa Inggris dan terjemahan tentang Reading is a window to the world