Contoh Menulis Abstrak pada Skripsi

ABSTRAK

Nisa Asri Amalia, Pengaruh Kebiasaan Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih : Studi Kasus Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Inwanul Huda. Skripsi. Jakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam  Fakultas Agama Islam Universitas Islam Attahiriyah. 2016.

       Fokus masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah masalah kebiasaan membaca pengaruhnya dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan membaca terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Inwanul Huda Jakarta. Variabel dependen (variabel Y) dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih, sedangkan variabel independennya  (Variabel  X) adalah kebiasaan membaca.
       Hipotesis yang diuji adalah “terdapat pengaruh kebiasaan membaca terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih”. Sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian. Maka metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Inwanul Huda Jakarta tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 252 siswa dengan jumlah siswa kelas VIII berjumlah 102 siswa, sedangkan jumlah sampel sebanyak 81 orang. Sampel yang digunakan menggunakan teknik acak sederhana (simple random sampling). Instrumen yang dipakai untuk mengetahui variabel terikat (prestasi belajar) adalah dokumentasi dan instrumen untuk mengukur variabel bebas (kebiasaan membaca) digunakan kuesioner/angket. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode statistik deskriptif yakni menyajikan data masing-masing variabel secara tunggal. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan rumus regresi sederhana yang dilakukan pada taraf signifikansi  1% dan 5%.
       Temuan hasil penelitian adalah: diketahui bahwa data hasil penelitian sudah berdistribusi normal, maka dapat diketahui bahwa kebiasaan membaca masuk dalam katagori baik dengan skor rata-rata (mean) empirik variabel X adalah sebesar 82,89 lebih besar dari mean teoritik sebesar 75 (82,89 > 75) dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih masuk dalam katagori baik dengan skor rata-rata (mean) empirik variabel Y adalah sebesar 80,32 lebih besar dari nilai target penguasaan sebesar 72 (80,32 > 72).
       Sedangkan dari perhitungan uji signifikansi regresi diperoleh hasil Fhit = 592,73 > Ftabel = 3,96 artinya bahwa regresi signifikan yaitu, dari hasil perhitungan linearitas regresi diperoleh hasil Fhit = 0,92 < Ftabel = 1,69 berarti regresinya linear yaitu terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan membaca terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di MTs Inwanul Huda Jakarta. Maka dapat ditafsirkan bahwa kontribusi pengaruh kebiasaan membaca terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di MTs Inwanul Huda Jakarta.sebesar 86,9%.
       Dengan demikian, kesimpulan penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang sigifikan antara kebiasaan membaca terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Hasil penelitian ini memberikan implikasi bahwa semakin tinggi angka kebiasaan membaca maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Begitupun sebaliknya semakin rendah angka kebiasaan membaca maka akan semakin rendah pula prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih.
       Temuan dan hasil penelitian ini diharpkan bermanfaat dan dapat menjadi pijakan bagi pihak-pihak terkait untuk terus meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih dengan cara terus memperbaiki kebiasaan membaca siswa dengan upaya yang benar

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Ilmu Hadits Riwayah Dan Dirayah

Pengalaman tes di Bank Mandiri

Tabel Z Skor Positif dan Negatif