Contoh Menulis Abstrak pada Skripsi
ABSTRAK
Nisa Asri Amalia, Pengaruh Kebiasaan Membaca Terhadap Prestasi
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih : Studi Kasus Pada Siswa Madrasah
Tsanawiyah Inwanul Huda. Skripsi. Jakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Islam
Attahiriyah. 2016.
Fokus masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah masalah kebiasaan
membaca pengaruhnya dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan membaca terhadap
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Inwanul
Huda Jakarta. Variabel dependen (variabel Y) dalam penelitian ini adalah
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih, sedangkan variabel
independennya (Variabel X) adalah kebiasaan membaca.
Hipotesis yang diuji adalah “terdapat pengaruh kebiasaan membaca
terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih”. Sesuai dengan
masalah dan tujuan penelitian. Maka metode yang digunakan adalah metode
deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi terjangkau
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Inwanul Huda Jakarta tahun ajaran
2015/2016 yang berjumlah 252 siswa dengan jumlah siswa kelas VIII berjumlah 102
siswa, sedangkan jumlah sampel sebanyak 81 orang. Sampel yang digunakan
menggunakan teknik acak sederhana (simple random sampling). Instrumen
yang dipakai untuk mengetahui variabel terikat (prestasi belajar) adalah
dokumentasi dan instrumen untuk mengukur variabel bebas (kebiasaan membaca)
digunakan kuesioner/angket. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan
metode statistik deskriptif yakni menyajikan data masing-masing variabel secara
tunggal. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan rumus regresi sederhana
yang dilakukan pada taraf signifikansi
1% dan 5%.
Temuan hasil penelitian adalah: diketahui bahwa data hasil penelitian
sudah berdistribusi normal, maka dapat diketahui bahwa kebiasaan membaca masuk
dalam katagori baik dengan skor rata-rata (mean) empirik variabel X adalah
sebesar 82,89 lebih besar dari mean teoritik sebesar 75 (82,89 > 75) dan
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih masuk dalam katagori baik
dengan skor rata-rata (mean) empirik variabel Y adalah sebesar 80,32 lebih
besar dari nilai target penguasaan sebesar 72 (80,32 > 72).
Sedangkan dari perhitungan uji
signifikansi regresi diperoleh hasil Fhit = 592,73 > Ftabel = 3,96 artinya bahwa regresi
signifikan yaitu, dari hasil perhitungan linearitas regresi diperoleh hasil Fhit
= 0,92 < Ftabel = 1,69 berarti regresinya linear yaitu terdapat
pengaruh yang signifikan kebiasaan membaca terhadap prestasi belajar siswa
kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di MTs Inwanul Huda Jakarta. Maka dapat
ditafsirkan bahwa kontribusi pengaruh kebiasaan membaca terhadap prestasi
belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di MTs Inwanul Huda
Jakarta.sebesar 86,9%.
Dengan demikian, kesimpulan penelitian
menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang sigifikan antara kebiasaan membaca
terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Hasil penelitian ini memberikan implikasi bahwa semakin
tinggi angka kebiasaan membaca maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar
siswa pada mata pelajaran fiqih. Begitupun sebaliknya semakin rendah angka kebiasaan
membaca maka akan semakin rendah pula prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih.
Temuan
dan hasil penelitian ini diharpkan bermanfaat dan dapat menjadi pijakan bagi
pihak-pihak terkait untuk terus meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih dengan cara terus memperbaiki kebiasaan membaca siswa
dengan upaya yang benar
Comments
Post a Comment
Jangan lupa komentar yaaa !!!