Angket dan Instrumen Minat Belajar



Angket Minat belajar
Nama : ...............................
Kelas : ................................
Petunjuk
1.    Tulislah nama, dan kelas anda!
2.    Tujuan diadakan angket ini adalah untuk mengetahui minat belajar dari setiap responden.
3.    Pilihlah jawaban yang sesuai dengan keadaan anda dengan cara memberikan tanda cek (√) pada kolom.
SL       = Selalu
SR      = Sering
KK      = Kadang-kadang
TP      = Tidak Pernah
4.      Setelah selesai mengerjakan angket ini, serahkanlah kepada pengawas
Kisi-kisi Instrumen Minat belajar
No.
Indikator
Nomer Pernyataan
Jumlah Pernyataan
1.
Pengalaman belajar
1, 10, 11, 14, 16, 23.
6
2.
Sikap emosional
2, 3, 8, 9, 18, 21, 25.
7
3.
Pokok pembicaraan
4, 5, 12, 13, 17, 20.
6
4.
Buku bacaan
6, 7, 15, 19, 22, 24.
6
Total
25



Instrumen Minat Belajar
No
Pernyataan
SL
SR
KK
TP
1
Ketika guru masuk kelas saya sudah menyiapkan buku dan alat di atas meja.




2
Saya selalu memperhatikan dan bersemangat dalam mengikuti pelajaran fiqih.




3
Saya senang belajar mata pelajaran fiqih.




4
Saya berminat untuk mempelajari masalah yang berkaitan dengan pelajaran fiqih




5
Mata pelajaran fiqih dapat menjadikan saya lebih beriman dan bertaqwa.




6
Saya membaca buku pelajaran fiqih.




7
Selain buku pelajaran fiqih saya membaca buku pelajaran yang lain.




8
Saya suka cara guru menerangkan pelajaran dengan metode yang menyenangkan.




9
Rasa ingin tahu dapat menumbuhkan motivasi belajar pada diri saya.




10
Dengan belajar akan menambah wawasan saya.




11
Saya belajar untuk meningkatkan prestasi saya.




12
Saya mencatat apa yang dijelaskan oleh guru.




13
Saya menghafal materi yang diajarkan oleh guru.




14
Saya rajin belajar karena ingin mendapatkan ilmu pengetahuan.




15
Saya membaca buku pelajaran diperpustakaan.




16
Saya lebih sering bermain bersama teman yang berprestasi karena dapat mendorong saya untuk berprestasi.




17
Saya memperhatikan guru ketika menerangkan pelajaran fiqih.




18
Saya lebih senang belajar dari pada bermain.




19
Saya selalu membaca buku yang ada kaitannya dengan pelajaran.




20
Materi pelajaran fiqih yang disampaikan guru mudah difahami.




21
Saya selalu bersemangat dalam melaksanakan tugas dari guru.




22
Buku – buku pelajaran yang saya baca tidak membosankan.




23
Membuat belajar kelompok dengan teman.




24
Sering membaca selain buku pembelajaran.




25
Saya senang mata pelajaran yang berhubungan dengan pendidikan agama Islam.




Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Ilmu Hadits Riwayah Dan Dirayah

Pengalaman tes di Bank Mandiri

Tabel Z Skor Positif dan Negatif