“PERBEDAAN INDIVIDU (IMPLIKASI DALAM PEMBELAJARAN DAN PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDU)



KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan Kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan pertolongan sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Perbedaan Individual (Implikasi dalam Proses Pembelajaran dan Program-program Pengajaran Individual” ini dengan baik.
Makalah ini ditulis untuk memenuhi tugas mata kuliah Psikologi Pendidikan yang diampu oleh bapak Sugiyatno, M.Si. Penyusunan makalah ini berdasarkan sumber-sumber informasi yang relevan baik dari media cetak seperti buku dan media elektronik seperti internet. Kami mengharakan tulisan pada makalah ini dapat menambah wawasan kami sebagai mahasiswa mengenai kajian psikologi dalam konteks pendidikan, baik secara teoritis maupun praktis.
Makalah ini tersusun dengan baik atas bantuan dan dukungan dari berbagai pihak yag terlibat secara langsug maupun tidak langsung. Oleh karena itu, kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu menyelesaikan makalah ini. Semoga Allah SWT memberikan balasan yan terbaik. Aamiin.
Kami menyadari makalah ini masih sangat jauh dari sempurna, oleh karenanya kami senantiasa menerima kritik dan saran dari berbagai pihak untuk perbaikan makalah selanjutnya. Akhirnya, semoga makalah yang sederhana ini dapat memberiakn manfaat bagi kita semua. Aamiin.

Yogyakarta, 05 Oktober 2013

Penulis


DAFTAR ISI
Halaman Judul.........................................................................................................................   0
Kata Pengantar........................................................................................................................    1
Daftar Isi..................................................................................................................................   2
Bab 1 Pendahuluan
            Latar Belakang............................................................................................................    3
            Rumusan Masalah.......................................................................................................    3
            Tujuan.........................................................................................................................    3
Bab 2 Pembahasan
            Implikasi Perbedaan Individual dalam Proses Pembelajaran....................................     4
            Program-program Pengajaran Individual...................................................................    9
Bab 3 Penutup
            Kesimpulan.................................................................................................................  18
            Saran...........................................................................................................................  18
Daftar Pustaka.........................................................................................................................  19



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Setiap individu memiliki karateristik yang berbeda-beda. Perbedaan secara umum disebabkan oleh dua faktor, yakni faktor bawaan dan faktor lingkungan. Faktor bawaan merupakan faktor biologis yang diturunkan melalui pewarisan genetik oleh orang tua. Faktor lingkungan yang menyebabkan terjadinya perbedaan individual diantaranya status sosial ekonomi orangtua, pola asuh orangtua, budaya, dan urutan kelahiran.
Perbedaan-perbedaan individual yang nampak diantaranya adalah perbedaan jenis kelamin dan gender, perbedaan kemampuan, perbedaan kepribadian, serta perbedaan gaya belajar.  Perbedaan tersebut sedikit banyak berpengaruh terhadap proses-proses pembelajaran. Oleh sebab itu, makalah ini ditulis dengan judul “Perbedaan Individu (Implikasi pada Proses Pembelajaran dan Program-program Pembelajarana Individual” untuk menjelaskan hubungan antara perbedaan individu dan proses pembelajaran serta program-program pembelajaran apa saja yang baik dan tepat digunakan secara individual.

B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana implikasi perbedaan individual dalam proses pembelajaran?
2.      Apa saja program-program pembelajaran individual?

C.    Tujuan
1.      Menjelaskan implikasi perbedaan individual dalam proses pembelajaran.
2.      Menjelaskan program-program pembelajaran individual.





BAB II
PEMBAHASAN
A.    Implikasi Perbedaan Individual dalam Proses Pembelajaran
Manusia adalah mahkluk yang dapat dipandang dari berbagai sudut pandang . Sejak ratusan tahun sebelum masehi, manusia telah menjadi obyek filsafat, baik obyek formal yang mempersoalkan hakikat manusia maupun obyek material yang mempersoalkan manusia sebagai apa adanya manusia dengan berbagai kondisinya.
Dari bahasa bemacam-macam aspek perkembangan individu, dikenal ada dua fakta yang menonjol, yaitu:
1.      Semua manusia mempunyai unsur-unsur kesamaan di dalam pola perkembangannya dan
2.      Pola yang bersifat umum dari apa yang membentuk warisan manusia secara biologis dan sosial, tiap-tiap individu mempunyai kecenderungan berbeda.
Individu menunjukkan kedudukan seseorang sebagai orang perorangan atau perseorangan. Sifat individual adalah sifat yang berkaitan dengan orang perseorangan, berkaitan dengan perbedaan individual perseorangan. Ciri dan sifat orang yang satu berbeda dengan yang lain. Perbedaan ini disebut perbedaan individu atau perbedaan individual. Maka “perbedaan” dalam “perbedaan individual” menurut Landgren (1980: 578) menyangkut variasi yang terjadi, baik variasi pada aspek fisik maupun psikologis. Upaya pertama yang dilakukan untuk mengetahui perbedaan individu, sebelum dilakukan pengukuran kapasitas mental yang mempengaruhi penilaian sekolah, adalah menghitung umur kronologi. Seorang anak memasuki sekolah dasar pada umur 6 tahun dan ia diperkirakan dapat mengalami kemajuan secara teratur dalam tugas­tugas sekolahnya dilihat dalam kaitannya dengan faktor umur. Selanjutnya ada anggapan bahwa semua anak diharapkan mampu menangkap/ mengerti bahan-bahan pelajaran yang mempunyai kesamaan materi dan penyajiannya bagi semua siswa pada kelas yang sama. Ketidakmampuan yang jelas tampak pada siswa untuk menguasai bahan pelajaran umumnya dijelaskan dengan pengertian faktor-faktor seperti kemalasan atau sikap keras kepala. Penjelasan itu tidak mendasarkar, kenyataan bahwa para siswa memang berbeda dalam hal kemampuan mereka untuk menguasai satu atau lebih bahan pelajaran dan mungkin berada dalam satu tingkat perkembangan. Inteligensi mempengaruhi penyesuaian diri seseorang terhadap lingkungannya, orang lain dan dirinya sendiri. Semakin tinggi taraf intreligensinya semakain baik penyesuaian dirinya dan lebih mampu bereaksi terhadap rangsangan lingkungan atau orang lain dengan cara yang dapat diterima.
Intelegensi itu sendiri adalah Kata inteligensi adalah kata yang berasal dari bahasa latin yaitu “ inteligensia “. Sedangkan kata “ inteligensia “ itu sendiri berasal dari kata inter dan lego, inter yang berarti diantara, sedangkan lego berarti memilih. Sehingga inteligensi pada mulanya mempunyai pengertian kemampuan untuk memilih suatu penalaran terhadap fakta atau kebenaran.
Suatu perbedaan yang dimiliki oleh setiap individu baik fisik maupun non fisik yang menjadikan seseorang memiliki karakter/ ciri-ciri yang berbeda antara satu dengan yang lain.
Faktor-faktor yang menyebabkan perbedaan individu:
1.      Keturunan/ Hereditas
2.      Faktor lingkungan meliputi lingkungan statis/keadaan tempat dan dinamis / pengaruh sosial atau manusia. Selain itu juga dipengaruhi :
a.       Status sosial
b.      Pola asuh orang tua
c.       Budaya
d.      Urutan Kelahiran
e.       Macam-macam perbedaan individu:
f.       Perbedaan jenis kelamin
g.      Perbedaan kemampuan
h.      Kepribadian
i.        Perbedaan dari segi motorik

Menurut Lee Cronbach (1975) menyatakan perbedaan nyata mengenai tingkah laku manusia yaitu:
1.      Psikologi eksperimen
Psikologi Eksperimen adalah cabang Psikologi yang mengkaji proses sensing, perceiving, learning, and thinking about the world.
Dalam konteks positivisme, atau empiricism, pengamatan/observasi atas proses-proses itu dilakukan dengan metode eksperimen sebagai a method or logic inquiry yang diandalkan untuk merinci (description), menjelaskan (explanation), meramalkan (prediction), dan mengendalikan (control) secara semakin akurat/precise proses-proses itu sendiri sebagai realitas.

2.      Psikologi diferensial
Psikodiagnostik termasuk kedalam psi-Differensial
1.      Psikologi umum  mempelajari masalah, proses psikis, hukum-hukum.Psikis secara umum  psikologi akademis hukum umum empirik (pengamatan) dengan umum.
2.      Psikologi diferensial  keadaan ‘psyche’ dari macam kepribadian, bangsa, tipe (stern) bervariasi hukumnya  pengamatan psikoterapik.
Metode psikologi differensial dapat dilakukan dengan berbagai macam cara penyelidikan, diantaranya :
1.      Penyelidikan variasa (perbedaan)
2.      Penyelidikan korelasi (hubungan variabel satu dengan lainnya)
3.      Penyelidikan perbandingan
4.      Penyelidikan psikografi (terdapat didalam diri seseorang)

Banyak program pendidikan yang dapat dipilih guru sebagai implikasi dari adanya perbedaan individu diantara siswa, khususnya perbedaan kemampuan. Dalam system klasikal tidak mudah bagi guru untuk memperhatikan perbedaan tersebut secara lebih cermat serta menindaklanjutinya dengan pembelajaran yang sifatnya pribadi.
Salah satu karakteristik penting dari pembelajaran yang efektif adalah ketika proses pembelajaran tersebut mampu merespon kebutuhan individual siswa. Guru dapat membuat variasi metode maupun media dalam proses pembelajaran. Banyak program pendidikan yang dapat dipilih oleh guru sebagai implikasi dari adanya perbedaan individual diantara siswa, khususnya perbedaan kemampuan. Dari sekian banyak bentuk program pendidikan yang dapat dipilih, terdapat tiga jenis program yang terbayak dilaksanakan yaitu  program remidial, program pengayaan (Enrichment), dan program percepatan (Acceleration).
1.        Program remedial adalah pemberian layanan pendidikan kepada siswa yang mengalami kesulitan atau hambatan dengan memberikan pelajaran dan atau tugas tambahan secara individual sehingga mereka dapat mengikuti pembelajaran secara klasikal an menyelesaikan program sesuai dengan waktu yang ditentukan serta mencapai hasil belajar secara optimal.
2.        Program pengayaan (Enrichment), yaitu pembrian pelayanan pendidikan sesuai potensi kecerdasan dan bakat isstimewa yang dimiliki siswa, dengan penyediaan kesempatan dan fasilitas belajar tambahan yang bersifat perluasan/pendalaman, setelah yang bersangkutan menyelesaikan tugas-tugas yang diprogramkan untuk siswa lainnya.
3.        Program percepatan (Acceleration), yaitu pemberian pelayanan pendidikan sesuai potensi kecerdasan dan bakat istimewa yang dimiliki oleh siswa, dengan memberi kesempatan kepada mereka untuk dapat menyelesaikan program regular dalam jangka waktu yang lebih singkat disbanding teman-temannya.
Menurut Horne (1994), terdapat beberapa stratgi pembelajaran yang dapat digunakan dengan mempertimbangkan adanya perbedaan individual serta untuk meningkatkan keberhasiln belajar.
1.         Menggunakan pendekatan pembelajaran akletik dan fleksibel disertaipenggunaan multimedia dan multimetode.
2.         Menggunakan metode pembelajaran yang menunjukkan adanya pemahaman lintas budaya, perbedaan gender dan usia dalam pilihan-pilihan gaya belajar.
3.         Memahami pilihan gaya belajar siswa kemudian menyediakan lingkungan belajar yang mendukung gaya belajar mereka.
4.         Memberikan pengalaman-pengalaman belajar yang menggabungkan pelihan cara belajar siswa, mnggunakan metode mengajar, insentif, alat, dan situasi yang direncanakan sesuai dengan pilihan siswa.
5.         Meminta siswa unuk mengenali gaya belajar mereka dan memberikan hadiah untuk kelebihan mereka. Bantu mereka memahami mengapa mereka melakukan apa yang mereka lakukan dalam situasi belajar.
6.         Member kesempatan kepada siswa untuk memilih bagaimana menerima pelajaran dan bagaimana menunjukkan pengetahuannya. Dalam mengerjakan tugas, menawarkan pilihan jenis,waktu, dan tanggal penyelesaian tugas.
7.         Menggunakan semua tipe pertanyaan dan cara eksplorasi untuk menstimulasi berbagai tingkatan cara berpikir, mulai dari pengingat informasi factual sampai menggambarkan implikasidan melakukan analisis.
8.         Menjelaskan maksud dan keterkaitan semua pengalaman pembelajaran dengan apa yang akan dipelajari agar siswa dapat memahami hubungan antara pengalamannya dengan ide-ide baru.
9.         Menggunakan kombinasi cooperative learning, pembelajaran individual, dan pembelajaran kelompok,atau antara aktifitas-aktifitas belajar yang berpusat pada guru dengan pembelajaran dengan berpusat kepada siswa.
10.     Memberikn waktu yang cukup untuk memproses dan memahami informasi.
11.     Menggunakan alat-alat multi sensory untuk memperoleh, memproses,dan mempraktekkan informasi.
12.     Mengulangi tugas-tugas belajar yang nampaknya sulit dengan menggunakan metode embelajaran yang berbeda.
13.     Menggunakan strategi review dan refleksi yang bervriasi untuk mengakhiri belajar.
14.     Memberikan umpan balik dengan segera, konsisten dan jelas.
15.     Mengevaluasi pengalaman pembelajaran berdasarkan tujuan atau syarat-syarat pencapaian yang telah ditentukan, observasi perilaku dan keterlibatan siswa dalam belajar.
16.     Melanjutkan pengalaman-pengalaman belajar yang familier dan nyaman bagi siswa, dan secar bertahap kenalkan pada siswa cara-cara belajar yang lain.
17.     Memahami siswa melalui berbagai cara dan aktivitas.
18.     Menggunakan penilaian yang sesuai dengan pelajaran.
Program-program tersebut dapat membantu siswa/siswi untuk mengembangan bakat-bakat yang di miliki.
B.     Program-program Pembelajaran Individual
Terdapat beberapa program pembelajaran yang telah dirancang untuk memenuhi kebutuhan masing-masing individu yang berbeda-beda. Diantara beberapa prgram tersebut antara lain pengajaran terprogram, belajar dengan bantuan komputer, pengajaran modul, sistem kontrak, dan sistem Keller (Nasution, 2005).
1.      Pengajaran Terprogram
Program ini diciptakan oleh Skinner dan kemudian dimodifikasi oleh Crowder. Pengajaran terprogram ialah pengajaran tertulis terdiri atas langkah-langkah berdasarkan analisis keseluruhan bahan yang akan disampaikan, yaitu tujuan belajar untuk memperoleh bentuk perilaku yang diinginkan yang dapat dipelajari sendiri, kapan saja dan sesuai dengan kecepatannya berdasarkan langkah – langkah itu. Tiap langkah dituangkan dalam bentuk “frame” atau bingkai berisi suatu pertanyaan yang harus dijawab oleh pelajar. Terdapat dua macam pembelajaran terprogram, yaitu:
a.       Program linier (Skinner), yang mengharuskan siswa melalui semua langkah dari awal sampai akhir.
b.      Program bercabang (Crowder), yang memberi kemungkinan kepada siswa untuk melampaui bagian-bagian yang telah dikuasainya dan membimbing mereka yang mengalami kesukaran tertentu untuk melakukan latihan tertentu.
Langkah – langkah pengajaran terprogram antara lain:
a)      Mengkaji dan menyusun indikator.
b)      Menentukan jenis diagram pengajaran.
c)      Menggambar diagram yang telah ditentukan.
d)     Menuangkan materi dalam sekatan – sekatan dan disertai dengan cara.





Kelebihan dan kekurangan pengajaran terprogram.
Kelebihan
Kekurangan
·         Mendorong siswa belajar aktif.
·         Mendorong siswa berpikir kritis.
·         Memperoleh penguatan jawaban secara langsung
·         Lebih menjurus pada pembentukan manusia mesin
·         Kesempatan bekerja dalam kelompok antar siswa lebih kecil
·         Terjadi kebosanan, apalagi bila tidak menarik
·         Siswa terus menerus belajar sendiri monotun dengan tanya jawab


2.      Pengajaran dengan Bantuan Komputer (Computer Assisted Instructions)
Dalam kaitannya membantu pembelajaran, komputer dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal, yakni dengan penemuan dan pemanfaatan mesin mengajar (teaching machine) untuk menerapkan pengajaran berprogram pada 1950-1060-an hingga kemudian kemajuan bidang teknik komputer mampu menerjemahkan aplikasi ke dalam program CAL (Computer Assisted Learning), CBL (Computer Based Learning), CAI (Computer Assisted Instruction), CBT (Computer Based Training), dan sebagainya. Semua program tersebut bertujuan sebagai bantuan dalam pembelajaran.
 Secara umum potensi komputer dalam bidang pendidikan melalui 3 (tiga) perspekif, yaitu:
a.       Komputer sebagai subjek
Dalam pengajaran dan pembelajaran, pelajar boleh diberikan pengetahuan tentang teknologi komputer itu sendiri. Ini merupakan langkah pertama yang harus dipelajari sebelum seseorang itu dapat memahami dan menggunakan komputer secara baik. Inilah yang dinalamakan sebagai Literasi Komputer (melek komputer). Pengetahuan tentang literasi komputer adalah sangat perlu untuk memberdayakan seseorang berperan dengan baik dengan perkembangan teknologi informasi.
b.      Komputer sebagai alat
Aktifitas yang paling menarik untuk memanfaatkan kecanggihan komputer adalah dengan menggunakan komputer sebagai alat untuk membantu pekerjaan kita sehari-hari.
c.       Komputer sebagai tenaga pengajar
Perspektif pekerja adalah komputer sebagai tenaga pengajar/buruh sebagaimana guru dalam kelas. Pengajaran ini dapat terjadi dalam bentuk pengujian bahan kuliah, tanya jawab dengan pelajar dalam bentuk dialog, memeriksa jawaban ujian, mengulang bahan pengajaran dan sebagainya. Satu kelebihan sistem komputer yang berfungsi sebagai guru adalah proses pengajaran dan pembelajaran dapat berlangsung secara individu. Bahkan di tingkat yang lebih ekstrim, komputer dapat diprogram dengan memasukkan ciri kepintaran di dalamnya. Dengan cara ini, komputer tersebut bukan saja dapat bertindak sebagai guru tetapi juga berupaya menambah ilmu pengetahuannya ketika komputer berinteraksi dengan pelajar.
Pengajaran Berbantuan Komputer (PBK) adalah aplikasi komputer sebagai bagian integral dalam system pembelajaran terhadap proses belajar dan mengajar yang bertujuan membantu siswa dalam belajar, bisa melalui pola intereaksi dua arah yaitu melalui terminal komputer maupun multi-arah yang diperluas melalui jaringan komputer (baik lokal maupun global) dan juga diperluas fungsinya melalui antar muka (interface) multimedia. Program ini memungkinkan siswa untuk maju dengan langkah mereka sendiri dan bekerja secara individu atau memecahkan masalah dalam komputer.
Secara konsep Pengajaran Berbantuan Komputer (PBK) adalah hal-hal yang berkaitan dengan pembagian bahan pengajaran dan keahlian dalam satuan kecil agar mudah dipelajari serta difahami. Satuan terkecil ini pula akan dipresentasikan lagi dengan gaya yang memikat di dalam bingkai (frame) untuk ditayangkan di layar monitor. PBK sebenarnya sangat mudah memahaminya karena hanya didasari oleh bagaimana peran komputer dalam hal pembelajaran.
Yang penting diperhatikan bahwa komputer harus mampu berperan sebagai tenaga pengajar dalam proses pembelajaran dan yang perlu diingat bahwa PBK bukan sebagai penggangti manusia dalam proses pembelajaran melainkan untuk membantu pemahaman dan perhatian dalam pembelajaran dan PBK harus bersifat “user friendly” maksudnya komputer tersebut mampu memberikan kenyaman. PBK juga bukanlah satu-satunya jalan pintas dalam proses pembelajaran. PBK juga buakanlah cara untuk menghidar dari melakukan hal yang bisa dilakukan dalam proses pengajaran. Walaupun konsep PBK tidak sulit untuk difahami, tetapi tugas untuk mengembangkan perangkat lunak pengajaran yang baik dan berfaedah begitu rumit. Pengembangan perangkat lunak PBK meliputi aspek keahlian dalam menyusun bahan dan pemrograman. Pengajaran berbantuan computer (PBK) memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1. Siswa berinteraksi langsung dengan komputer
2. Siswa menyimad dan berkomunikasi melalui layar monitor
3. Siswa menampilkan materi (pertanyaan)
4. Siswa berhubungan secara intensif seperti pembelajaran konvesional
Beberapa bentuk penggunaan komputer media yang dapat digunakan dalam pembelajaran meliputi:
1.      Penggunaan multimedia presentasi
2.      Multimedia interaktif dalam bentuk CD
a.       Model Drill, bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih kongkrit melalui penciptan tiruan-tiruan bentuk pengalaman yang mendekati suasana yang sebenarnya. Biasanya dalam bentuk latihan soal-soal.
b.      Model tutorial, menggunakan perangkat lunak berupa program komputer yang berisi tujuan, materi pelajaran dan evaluasi pembelajaran.
c.       Model simulasi, bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih kongkrit melalui penciptaan simulasi-simulasi dalam bentuk pengalaman yang mendekati suasana yang sebenarnya.
d.      Model games, berdasarkan atas “pembelajaran yang menyenangkan”, dimana peserta didik akan dihadapkan pada beberapa petunjuk dan aturan permainan.



Kelebihan dan kekurangan pengajaran berbantuan komputer.
Kelebihan
Kekurangan
·         Meningkatkan interaksi.
·         Mendukung pembelajaran individual sesuai kemampuan siswa.
·         User friendly.
·         Meningkatkan motivasi belajar siswa.
·         Dapat digunakan sebagai penyampai balikan langsung.
·         Keutuhan belajar.
·         Materi dapat diulang-ulang sesuai keperluan, tanpa menimbulkan rasa jenuh.
·         Pembelajaran berbantuan komputer bila dirancang dengan baik, merupakan media pembelajaran yang efektif, dapat memudahkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran
·         Hardware yang spesifik.
·         Tergantung pada kemampuan membaca dan visual.
·         Grafik tidak realistik.
·         Butuh ketrampilan dalam pengembangan tambahan.
·         Butuh waktu pengembangan yang lama.
·         Sering siswa mempunyai jalan pikiran yang belum tentu dapat terancang dan diungkapkan dengan tepat melalui komputer.
·         Keterbatasan bentuk dialog atau komunikasi.
·         Keterseringan menggunakan komputer dapat menyebabkan ketergantungan yang berakibat kurang baik.
·         Mengurangi sikap interaksi sosial yang seharusnya merupakan bagian penting dalam pendidikan.


3.      Pengajaran Modul
Pengajaran modul adalah pengajaran yang sebagian atau seluruhnya didasarkan atas modul. Modul itu sendiri adalah suatu unit lengkap berupa suatu paket kurikulum yang berdiri sendiri dan terdiri atas rangkaian kegiatan belajar untuk membantu siswa dalam belajar mandiri guna mencapai sejumlah tujuan yang dirumuskan secara khusus dan jelas. Modul juga didefinisikan sebagai satu unit program belajarmengajar terkecil yag menggariskan: Tujuan pengajaran yag akan dicapai; Topik yang akan dijadikan dasar proses belajar mengajar; Pokok-pokok materi yang dipelajari; Kedudukan dan fungsi modul dalam kesatuan program yang lebih luas; Peran guru dalam proses belajar mengajar; Alat-alat dan sumber yang akan digunakan; Kegiatan-kegiatan belajar yang harus dilakukan dan dihayati murid secara berurutan; Lembaran kerja siswa yang harus diisi; dan Program evaluasi yang akan dilaksanakan.
Modul pengajaran individual memiliki karakteristik-karakteristik sebagai berikut:
1.      Berbentuk unit pengajaran terkecil dan lengkap.
2.      Berisi rangkaian kegiatan yang dirancang secara sistematis.
3.      Berisi tujuan belajar yang dirumuskan secara jelas dan khusus.
4.      Memungkinkan siswa belajar mandiri.
5.      Merupakan realisasi perbedaan individu.
6.      Perwujudan pegajaran individual.

Tujuan dari pengajaran modul antara lain:
a.       Memberikan kesempatan untuk memilih di antara sekian banyak topic dalam rangka suatu program.
b.      Mengadakan penilaian secara berkala tentang kemajuan dan kelemahan siswa.
c.       Memberikan modul remedial untuk mengolah kembali seluruh bahan yang telah diberikan guna pemantapan dan perbaikan, atau mengulangi bahan pelajaran untuk lebih memantapkannya dengan menggunakan cara-cara lain dari modul semula, sehingga lebih mempermudah pemahaman siswa.

Pengajaran modul yang baik memberikan aneka ragam kegiatan instruksional, seperti membaca buku pelajaran, buku perpustakaan, majalah dan karangan-karangan lainnya, mempelajari gambar-gambar, foto, diagram, melihat film, slide, mendengarkan audio tape, mempelajarai alat-alat demonstrasi, turut serta dalam proyek dan percobaan-percobaan serta mengikuti berbagai kegiatan ekstrakulikuler.
Pengajaran modul yang ideal dimulai dengan suatu pre-test pada siswa untuk mengetahui apakah ia memenuhi syarat-syarat yang diperlukan untuk mengikuti modul tersebut. Jika tidak, maka ia diberi pengajaran remedial. Sebaiknya jika ia telah menguasai modul itu dan memilih modul yang lebih tinggi tarafnya. Bila ia telah menyelesaikan suatu modul, ia diberikan post-test untuk menilai sampai manakah ia menguasai modul itu. Bila hasilnya baik, ia dapat maju ke modul berikutnya, bila ia tidak memenuhi tingkat penguasaan yang diharapkan, maka ia diberi modul remedial yang mengulangi dan mengolah kembali bahan pelajaran tersebut. Setelah itu diambilnya kembali post-test yang diharapkan akan dapat dilaluinya dengan hasil baik.

4.      Sistem Kontrak
Program ini diuraikan dalam sejumlah tugas yang harus dilakukuan oleh siswa. Untuk itunsiswa harus menandatangani suatu kontrak tentang tugas-tugas yang akan diselesaikan dalam waktu tertentu. Tugas-tugas tersebut misalnya berupa, membaca satu buku atau lebih dari sejumlah buku yang dianjurkan, membuat 1-2 karangan tentang topic-topik tertentu, mengikuti 10 pertemuan dari 25 pertemuan yang akan diadakan, dan lain sebagainya tergantung tujuan yang ingin dicapai. Untuk setiap tugas ditentukan jumlah kredit yang dapat diperolehnya. Keseluruhan kredit itu akan menentukan angka akhirnya. Dengan mengaitkan tugas dengan kredit dan angka akhir, maka siswa akan mendapatkan dorongan untuk belajar dengan baik.
Dalam mengikutiprogram ini siswa harus mengetahui apa yang diharapkan dari mereka. Tugas yang kurang baik harus diberi kesempatan untuk diulangi tanpa mendapatkan hukuman atas pekerjaannya semula. Siswa juga harus tahu taraf mutu pekerjaan yang diharapkan dari mereka dan juga kapan pekerjaan itu harus diselesaikan. Jika siswa melampaui batas waktu menyelesaikan tugas akan diberi hukuman berupa pengurangan kredit. Hal ini dilakukan agar pekerjaan tidak bertumpuk-tumpuk pada akhir semester, yang mengakibatkan adanya tugas yang tidak lengkap dan akan membuat banyak siswa mengalami kegagalan memenuhi syarat-syarat yang ditentukan.

5.      Sistem Keller
Sistem Keller termasuk sistem pengajaran individual yang biasa digunakan pada tingkat perguruan tinggi. Sitem Keller memberi perhatian khusus pada setiap mahasiswa, memberi kesempatan kepada mereka untuk maju menurut kecepatan masing-masing dan diharuskan menguasai suatu satuan pelajaran sebelum diperkenankan untuk mempelajari pelajaran berikutnya. Komunikasi antara pengajar dengan mahasiswa kebanyakan dilakukan secara tertulis. Tutorial dan penilaian dilakukan oleh mehasiswa senior. Peranan dosen sebagai manager instruksional dan terutama memberikan motivasi dan stimulasi kepada mahasiswa dalam belajar. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam sistem Keller ini adalah:
a.       Tujuan akhir yang harus dicapai dalam tiap satuan pelajaran ditentukan secara jelas dalam bentuk perilaku yang dapat dinilai secara objektif.
b.      Bahan yang harus dipelajari dipecahkan dalam bagian-bagian kecil yang dapat dikuasai sepenuhnya secara tuntas.
c.       Penilaian sebagai reinforcement sering diberikan segera setelah suatu bagian diselesaikan oleh mahasiswa.
d.      Kepada setiap mahasiswa diberikan perhatian pribadi, jika bantuan tersebut diperlukan.
e.       Gagal dalam tes tidak diberi hukuman dan tes tersebut dapat diulangi sampai tercapai penguasaan tuntas serta dihargai dengan angka tinggi.
f.       Kuliah tak diharuskan untuk dihadiri, oleh sebab kuliah itu terutama dimaksudkan untuk memberikan dorongan atau motivasi kepada mahasiswa untuk belajar.

Pengajaran model Keller Plan ini sebenarnya pengembangan dari pengajaran terprogram yang diciptakan oleh skinner (dalam Sulaiman, 1988), pada prinsipnya terdiri atas langkah-langkah yang tersusun menurut urutan yang membawa mahasiswa dan apa yang telah diketahuinya sampai kepada apa yang harus diketahuinya, yaitu tujuan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran individu Keller Plan ialah membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar menurut kecepatan masing-masing, dengan cirinya adalah:
1.      memungkinkan mahasiswa belajar sendiri;
2.      memperhatikan perbedaan kecepatan belajar mahasiswa;
3.      terdapat kejelasan tujuan yang harus dipahami;
4.      memungkinkan mahasiswa berpartisipasi aktif;
5.      secara optimal menerapkan belajar tuntas.

Prinsip-prinsip pada model Keller Plan (Sudjoko, 1985) meliputi:
1.      Satu Course dibagi atas beberapa unit yang berurutan.
2.      Tiap unit berisi tujuan, prosedur kerja dan dan beberapa persoalan.
3.      Mahasiswa belajar sendiri atas petunjuk kerja dari unit satu ke unit berikutnya secara berurutan.
4.      Mahasiswa bisa mengambil ujian untuk masingmasing unit kapan saja merasa telah siap.
5.      Tiap kuliah dan demonstrasi hanya digunakan untuk sekedar member motivasi belajar dan bukan merupakan sumber informasi.
6.      Tidak harus ada media seperti audio visual, tape dan slide.
7.      Staf yang terlibat adalah instruktur (dosen) dan Proctor (undergraduate students) yaitu siswa yang dianggap mampu menguasai seluruh unit.

Kritik untuk sistem ini adalah pengajaran disusun terlampau ketat dengan menentukan secara persis apa yangharus dipelajari, bagaimana harus mempelajarinya dalam urutan yang telah ditentukan. Apa yang dipelajari terbatas pada apa yang dicantumkan dalam pelajaran itu. Namun demikian dengan menentukan secara jelas bahan yang harus dikuasai memungkinkan siswa untuk belajar dengan efisien dan oleh karena itu mempunyai waktu yang lebih banyak untuk mempelajari hal-hal yang dianggap perlu.













BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Bersdasarkan penjelasan-penjelasan pada bagian pembahasan sebelumnya, kesimpulannya adalah sebagai berikut:
1.      Perbedaan-perbedaan individual membawa implikasi terhadap cara guru mengelola proses pembelajaran bagi siswa disekolah. Dua jenis program yang paling banyak dilaksanakan yakni program pengayaan (enrichment) dan program percepatan (acceleration).
2.      Terdapat beberapa program pembelajran yag telah dirancang untuk memenuhi kebutuhan masing-masing individu yang berbeda-beda. Diantar beberapa program tersebut antara lain pengajaran terprogram, belajar dengan bantuan komputer, pengajaran modul, sistem kontark, dan sistem Keller.

B.     Saran
Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka saran yang dapat penulis berikan adalah sebagai berikut:
1.      Menjadikan perbedaan individual sebagai anugerah, karena justru dengan perbedaan individual itu banyak alternatif cara yang dapat dilakukan guru untuk mengelola proses pembelajarannya.
2.      Memilih program pembelajaran individual yang paling tepat untuk diterapkan pada siswa yang diajarnya.








DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 2013. Program Pengajaran Individual. Diunduh dari http://repository.usu.ac.id  pada tanggal 4 Oktober 2013.
Deazy Wulan. 2010. Srategi Pembelajaran. Dinduh dari http://deazywulan.wordpress.com  pada tanggal  4 Oktober 2013.
Nasution, S. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Reviandari Widyatiningtyas. 2009. Jurnal Pendidikan dan Budaya “Penerapan Pembelajaran Individu Keller Plan pada Perkuliahan Ilmu Alamiah Dasar”. Diunduh dari http://digilib.umm.ac.id/files/disk1/316/jiptummpp-gdl-jou-2009-reviandari-15800-program+-n.pdf pada tanggal 4 Oktober 2013.
Sugihartono. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sumadi, Suryabrata. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.


Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Ilmu Hadits Riwayah Dan Dirayah

Pengalaman tes di Bank Mandiri

Tabel Z Skor Positif dan Negatif